5 Tips Jitu Kembangkan Bisnis Online di Era Digital, Makin Cuan!
Gaya Hidup

5 Tips Jitu Kembangkan Bisnis Online di Era Digital, Makin Cuan!

  • Simak beberapa tips dan cara ampuh untuk meningkatkan keuntungan berjualan di era digital. Selamat mencoba!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Perkembangan teknologi memudahkan kita bisa mengakses berbagai informasi sekaligus melakukan berbagai aktivitas dengan memanfaatkan smartphone atau ponsel. Sama seperti ketika Anda membeli barang di online shop, penjual juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memperluas pasar sekaligus meningkatkan penjualan.

Bagi Anda yang merupakan seorang penjual online, Anda bisa mencoba peluang ini untuk meningkatkan penjualan Anda, yaitu dengan memanfaatkan e-commerce dan platform media sosial lainnya. Anda bisa sukses mengembangkan bisnis online dengan menerapkan beberapa tips seperti berikut ini.

Cara Mengembangkan Bisnis Online

Cara mengembangkan bisnis online

Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis Anda, seperti yang dirangkum dari penjelasan Lazada University.

1. Tampilkan Produk Semenarik Mungkin

Foto produk merupakan hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli, namun seringkali foto produk justru diremehkan oleh penjual. Oleh karena itu, usahakan tampilan etalase produk Anda eye-catching dengan menyajikan foto dan deskripsi produk yang jelas dan rinci.

Selain itu, pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mampu menggambarkan fungsi, keunggulan, dan kualitas produk tersebut dengan jelas. 

2. Perluas Wawasan tentang Cara Meningkatkan Trafik Penjualan di E-commerce

Gunakan judul yang sesuai, menarik, serta mengandung kata kunci (keyword) yang sering dipakai calon pembeli ketika mencari produk terkait. Lengkapi judul dengan merek dan/ nama toko, kata kunci kategori, tipe/ seri/ variasi, serta atribut utama dan detail produk lainnya pada kolom deskripsi produk. 

Tampilkan foto produk semenarik mungkin, salah satunya dengan menambahkan keunggulan di foto produk, serta gunakan ‘harga coret’ dalam etalase produk yang menunjukkan produk toko Anda sedang promo. Selain itu, Anda dapat meningkatkan trafik toko Anda dengan rutin mengunggah ‘feed’ yang ada di e-commerce tertentu. 

3. Tingkatkan Ulasan Positif untuk Toko dan Produk Anda 

Ulasan positif atas toko dan produk Anda bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli untuk pada akhirnya berbelanja di toko Anda. Kualitas produk yang baik, harga yang kompetitif serta layanan terbaik akan mendorong pembeli untuk memberikan ulasan dan penilaian positif terhadap produk dan toko Anda. 

Kirimkan pengingat kepada pembeli melalui chat untuk memberikan ulasan atau review di e-commerce. Pemberian voucher diskon, gratis ongkir, serta paket best deals untuk pembelian berikutnya juga dapat menjadi salah satu cara mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan tentang produk dan layanan toko Anda. 

4. Manfaatkan Fitur Live Shopping atau Live Streaming

Fitur live streaming dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk secara lebih interaktif. Tak hanya membantu memperkuat hubungan antara penjual dan calon pembeli, fitur live streaming juga bisa membantu penjualan lebih laris karena calon pembeli bisa bertanya seputar produk yang mereka inginkan secara langsung sembari menyaksikan live yang terkadang juga menampilkan try-on produk. 

Jika Anda ingin memperkenalkan produk baru atau ingin memeriahkan festival belanja online, fitur ini akan sangat berguna untuk menjangkau calon pembeli yang tepat dan potensial. 

5. Perluas Pasar dan Tambah Penjualan Melalui Program Affiliate 

Beberapa e-commerce menyediakan program affiliate baik kepada individu atau penjual online untuk mendapatkan komisi dari hasil penjualan melalui link yang disebar di media sosial ataupun aplikasi pesan singkat. Dengan menyebarkan link yang langsung mengarah pada produk atau toko Anda, peluang Anda mendapatkan penjualan dari link tersebut akan lebih tinggi, terutama bila Anda menyebarkan link tersebut di sebuah komunitas yang sesuai dengan target pasar. Cuan berlipat akan Anda dapatkan, dari penjualan produk dan dari komisi dari setiap transaksi yang terjadi dengan link tersebut. 

Itu tadi beberapa tips dan cara ampuh untuk meningkatkan keuntungan berjualan di era digital. Selamat mencoba!