Waspada Penipuan di LinkedIn! Pencari Kerja Wajib Tahu Cara Mengenalinya
Tekno

5 Tips Memaksimalkan LinkedIn Buat Anda yang Sedang Berburu Lowongan Pekerjaan Baru

  • Inilah beberapa tips memaksimalkan LinkedIn Anda agar Anda segera direkrut dan mendapatkan pekerjaan baru. Selamat mencoba!
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - LinkedIn adalah salah satu platform yang saat ini digemari banyak orang untuk berjejaring, mencari koneksi baru, atau mencari kesempatan pekerjaan baru. Namun, hal itu bisa terjadi jika Anda mampu memaksimalkan penggunaan LinkedIn dengan baik.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memaksimalkan LinkedIn untuk memperluas jaringan dengan pakar industri, mempelajari perkembangan industri, dan mencari pekerjaan, simak tips berikut ini.

Tips Memaksimalkan LinkedIn Cocok Bagi Anda yang Mencari Pekerjaan Baru

Tips Memaksimalkan LinkedIn Cocok Bagi Anda yang Mencari Pekerjaan Baru

1. Selesaikan pengaturan profil

Jika informasi penting pada profil Anda tidak ada, biasanya perekrut akan mengabaikan profil Anda dengan mudah. Oleh karena itu, penting untuk membuat headline yang baik, menambahkan keterampilan, sertifikasi, dan kemampuan bahasa yang Anda kuasai.

2. Gunakan headshot profesional

Jika Anda ingin dianggap serius oleh perekrut, sebaiknya Anda menggunakan foto profil headshot profesional. Anda juga tidak boleh menggunakan avatar kartun, foto saat pesta, atau foto binatang sebagai foto profil Anda.

3. Gunakan kata kunci khusus

Jika Anda ingin memperbesar peluang untuk direkrut, cobalah untuk menggunakan kata kunci khusus, seperti keterampilan dan kualitas yang sedang dicari oleh perekrut perusahaan yang Anda incar. Jika Anda memiliki keterampilan yang mereka cari, cantumkanlah di profil Anda.

4. Tambahkan pengalaman kerja

Di bagian pengalaman kerja, jangan lupa untuk memasukan pekerjaan Anda saat ini dan sebelumnya serta deskripsi singkat mengenai tanggung jawab Anda. Jika Anda adalah lulusan baru, Anda bisa memasukkan pengalaman volunteer atau magang.

5. Minta seseorang meninjau profil LinkedIn Anda

Jika Anda merasa semua hal di profil LinkedIn Anda telah lengkap dan sempurna, cobalah untuk meminta seseorang yang mungkin sudah bekerja untuk memberikan feedback terhadap profil LinkedIn Anda. Mungkin mereka akan menemukan beberapa kesalahan seperti typo, tata bahasa, atau mereka bisa jadi bertanya beberapa hal yang Anda tulis di profil LinkedIn yang akan membantu Anda mengklarifikasi beberapa hal sebelum perekrut melihat profil Anda.

Itu tadi beberapa tips memaksimalkan LinkedIn Anda agar Anda segera direkrut dan mendapatkan pekerjaan baru. Selamat mencoba!