ilustrasi naik turunnya nilai aset investasi (freepik.com)
Pasar Modal

5 Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

  • Memilih perusahaan sekuritas tidak boleh sembarangan, terlebih jika Anda adalah investor pemula.
Pasar Modal
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA – Memilih perusahaan sekuritas tidak boleh sembarangan, terlebih jika Anda adalah investor pemula. Saat ini tersedia banyak perusahaan sekuritas di Indonesia. Lalu apa itu perusahaan sekuritas?

Perusahaan sekuritas adalah pihak perantara bagi para investor untuk menyalurkan modal yang mereka miliki ke instrumen investasi saham. Jika Anda dapat melakukan investasi dengan benar, maka keuntungan yang akan didapat dari investasi saham terbilang cukup menjanjikan.

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

Sebelum investasi saham, Anda perlu kejelian dalam pemilihan perusahaan sekuritas. Berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memilih perusahaan sekuritas yang tepat dan terbaik.

1. Terdaftar OJK

Pastikan perusahaan sekuritas yang akan dipilih telah terdaftar secara legal, dalam hal ini memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi sebelum investasi saham, cek terlebih dahulu izin perusahaan yang akan dituju.

Apabila perusahaan tidak memiliki izin, maka besar kemungkinan terjadi penyelewengan dana hingga penyebaran data pribadi. Tentu saja Anda juga secara otomatis akan kehilangan profit.

2. Punya Fitur Belajar Saham

Apabila Anda investor pemula, maka pilihlah perusahaan sekuritas yang menyediakan fitur belajar saham agar Anda dapat belajar, update skill dan up to date dengan berita terkini terkait saham.

Umumnya fitur ini menggunakan istilah “learn”, “classroom” dan semacamnya untuk mewadahi investor pemula yang ingin belajar seputar saham, sehingga mereka dapat lebih bijak dalam berinvestasi. 

3. Kemudahan Akses

Perusahaan yang memiliki akses platform yang mudah umumnya melakukan banyak riset untuk memuaskan penggunanya. Sebagai pemula, Anda perlu mempertimbangkan kemudahan akses platform agar tidak transaksi berjalan dengan lancar dan aman.

4. Fitur Lengkap

Setidaknya terdapat tiga analisis yang digunakan ketika membeli saham, yaitu analisis teknikal, analisis fundamental dan bandarmologi. Ketiganya umumnya menggunakan fitur dan alat yang berbeda. 

Paling tidak, perusahaan sekuritas memfasilitas kebutuhan nasabah dengan menyediakan fitur analisis di aplikasi atau platform-nya. Jadi, Anda perlu mempertimbangan hal ini dengan baik.

5. Reputasi Baik

Tak cukup terdaftar OJK, perusahaan sekuritas yang baik pastinya memiliki reputasi yang baik. Karena hal ini menunjukkan profesionalitas perusahaan. Untuk mengetahui reputasi baik maupun buruknya perusahaan, Anda bisa menemukannya melalui berbagai informasi.

Misalnya Anda bisa membaca ulasan dan testimoni nasabah yang telah menggunakan jasa perusahan melalui Google Maps, Google Play store maupun media sosial.

Setelah membaca lima tips memilih perusahaan sekuritas yang tepat dan terbaik, kini Anda bisa memulai berinvestasi tanpa ragu dan khawatir uang lenyap dalam sekejap.