Cara Tetap Cuan Jadi Content Creator
Gaya Hidup

5 Tips Rahasia Jadi Content Creator Sukses Agar Anda Makin Cuan!

  • Simak beberapa rahasia agar Anda semakin cuan menjadi content creator sekaligus berinvestasi. Tertarik mencoba menjadi content creator juga?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Definisi kata sukses dari satu generasi ke generasi lainnya saat ini memiliki arti yang berbeda. Beberapa tahun yang lalu, kesuksesan bisa berarti bekerja di tempat presisius yang gajinya besar.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu di mana media sosial semakin booming, arti kesuksesan tampaknya juga ikut berubah. Sekarang, generasi muda termasuk Gen-Z tampak mengimpikan berprofesi menjadi seorang content creator.

Seseorang yang berprofesi content creator dikenal sebagai individu yang kreatif. Mereka mampu mengemas berbagai hal di kehidupannya dengan menarik lalu mengunggahnya di media sosial. 

Lalu, bagaimana cara agar content creator bisa tetap cuan, memiliki keuangan yang stabil dan mengatur pengeluaran dengan baik? Simak cara berikut ini.

Cara Tetap Cuan Jadi Content Creator

Pluang menghadirkan beberapa content creator yang masing-masing membagikan cara mengatur pemasukan dan kondisi finansial mereka. Berikut beberapa tips yang diberikan oleh script writer Jenny Jusuf, entrepreneur dan runner Rino Soedarjo, dan car vlogger Johnnathan Salim.

1. Dahulukan Investasi

Jenny Jusuf meyakini bahwa hubungan manusia dengan uang hanya ada dua, investasi atau belanja. Jenny menyebutkan bahwa mengumpulkan aset kekayaan ternyata bukan proses yang menyenangkan bahkan bisa dibilang membosankan. 

“Pasti tahu dong tren pergi liburan dengan alasan self-love? Definisi bahagia buatku juga adalah ketika menginjakan kaki ke negara-negara yang jadi tujuan travelling ku. Buat aku, sebelum travelling harus sudah ada budgetnya dulu, baik itu dari hasil menabung atau berinvestasi. Suksesnya perjalanan building wealth itu ketika kita teguh dengan pilihan untuk bersusah-susah menyisihkan uang di saat teman-teman lain healing liburan. Jangan sampai kita jadi malah makin ‘sakit’ secara finansial karena tidak menyiapkan safety net setelah traveling hanya karena alasan self-love dan healing.” jelas Jenny.

2. Investasi di Berbagai Jenis Aset

Selain itu, Jenny juga memiliki tips untuk membangun kesejahteraan, yaitu dengan rutin berinvestasi di berbagai jenis aset. 

“Saranku, baiknya kita punya banyak keranjang investasi di satu aplikasi sekaligus. Dengan kemudahan ini, aku bisa mengatur risiko investasi lebih mudah karena bisa menambah portofolio aset investasiku dari yang risiko rendah sampai tinggi. Ingat, kendali penuh atas relasi dengan uang ada di diri kita sendiri,” lanjut Jenny.

3. Komitmen dan Disiplin untuk Investasi ke Diri Sendiri

Menurut Rino Soedarjo, pengusaha, runner, dan influencer, ia lebih senang berinvestasi di diri sendiri. Cara yang dilakukannya yaitu seperti meningkatkan kapasitas diri termasuk merencanakan masa depan.

“Salah satu cara menata rencana masa depan adalah dengan berinvestasi di instrumen yang tepat. Untuk menentukan mana aset investasi yang cocok, para investor harus disiplin ngulik lewat riset aset-aset finansial potensial. Setiap hari saya cek Daily Insight di Pluang untuk memantau perkembangan aset yang saya miliki dan update pasar yang mungkin mempengaruhi dinamika nilai aset,” jelas Rino.

Rino juga selalu komitmen dan disiplin ketika menjalankan bisnis, menjaga performa fisik, dan berinvestasi. Ia mengaku, jika tanpa komitmen maka akan sulit untuk mencapai tujuan finansial.

4. Berani Mengambil Risiko

Rino mengungkapkan bahwa berani mengambil risiko juga dapat menjadi kunci bagi investor agar semakin cuan. 

“Dalam trading, ngulik indikator teknikal yang paling akurat dan insight pilihan aset yang tepat harus diterapkan langsung ke strategi investasi. Trial dan error di investasi adalah hal yang lumrah. Dari sana, investor bisa belajar langsung dari kesalahannya. Untuk mengurangi kesalahan dan risiko finansial ketika trading, saya rutin membaca artikel-artikel tips dan tutorial investasi di Pluang Academy,” kata Rino.

5. Pastikan Keamanan Investasi di Platform Terpercaya

Untuk soal investasi, Johnnathan lebih memilih untuk memprioritaskan keamanan. Ia juga tidak gegabah untuk mengambil risiko. Menurutnya investasi itu mirip dengan dunia otomotif, sedangkan platform investasi adalah mobilnya dan drivernya adalah investornya.

“Kesuksesan sangat tergantung bagaimana driver bisa memanfaatkan kendaraan yang ia punya. Tentu dari semua aspek di otomotif, keamanan juga menjadi prioritas. Begitu juga di investasi, jangan sampai kita gegabah dan tergiur oleh investasi bodong. Pastikan berinvestasi di platform yang sudah diregulasi oleh institusi pemerintah terkait,” kata Johnnathan.

Itu tadi beberapa rahasia agar Anda semakin cuan menjadi content creator sekaligus berinvestasi. Tertarik mencoba menjadi content creator juga?