Cody Gakpo
Gaya Hidup

5 Transfer Pesepakbola Termahal Sepanjang Januari 2023

  • LIVERPOOL—Bursa transfer pemain awal tahun 2023 mulai menghangat.

Gaya Hidup

Chrisna Chanis Cara

LIVERPOOL—Bursa transfer pemain awal tahun 2023 mulai menghangat. Meski penutupan transfer masih cukup lama, deretan transfer dengan nominal besar sudah terjadi. Sebut saja perpindahan striker Ajax Amsterdam, Cody Gakpo, ke Liverpool. 

Sejumlah transfer dengan biaya mahal diyakini bakal terus berlanjut dan menarik untuk diikuti. Berikut ini lima transfer termahal pada Januari 2023 atau musim dingin yang dirangkum TrenAsia.com.

Cody Gakpo

Liverpool sukses menyalip Manchester United dalam perburuan Cody Gakpo. Sempat dikabarkan merapat ke United, Gakpo justru menuju Anfield dengan biaya 42 juta euro dari PSV Eindhoven.

Striker 23 tahun itu dikontrak sampai tahun 2028. Gakpo yang mencatat 13 gol dan 17 assist dari 24 laga bersama PSV musim ini diharapkan menambah daya gedor The Reds.

Benoit Badiashile

Chelsea menjadi salah satu tim yang agresif di musim dingin. Benoit Badiashile menjadi pembelian terbesar mereka. Bek tengah itu diboyong dari AS Monaco dengan mahar 38 juta euro. 

Dengan usianya yang masih 21 tahun, Badiashile diplot sebagai pemain andalan Chelsea dalam jangka panjang. Badiashile diikat kontrak hingga enam tahun ke depan atau tahun 2029.

Sebelumnya, Badiashile menjadi pemain andalan Monaco selama lima musim terakhir. Dia sudah mencatatkan 135 penampilan di semua kompetisi untuk Monaco.

Gerson

Gerson kembali ke klub asalnya, Flamengo, setelah hijrah ke Marseille pada 2021. Di bursa transfer Januari 2023, Flamengo kembali menebus Gerson seharga 15 juta euro. Dia akan kembali menjadi gelandang andalan Flamengo hingga 2027. 

Carlos Alcaraz

Southampton tampak serius ingin terhindar dari degradasi dengan memboyong pemain kunci Racing Club, Carlos Alcaraz. Gelandang 20 tahun itu ditebus dengan biaya yang cukup besar untuk pemain seusianya yakni 13,65 juta euro.

The Saints kepincut dengan jasa Alcaraz setelah dia mencetak 12 gol dan enam assist dalam 83 laga untuk Racing. Alcaraz dikontrak sampai tahun 2027. 

Andrey Santos

Selain Benoit Badiashile, Chelsea sukses merekrut Andrey Santos dari Vasco Da Gama. Sama halnya Badiashile, gelandang 18 tahun ini diproyeksikan untuk tulang punggung tim di masa depan. Meski masih belia, dia sukses mencetak delapan gol dari 34 laga untuk Vasco Da Gama. Chelsea pun tak ragu menebusnya dengan biaya 12,5 juta euro.