Manajemen Bank Mandiri saat Kick Off Ajang Wirausaha Muda Mandiri, Senin, 13 September 2021
Industri

5 Wirausaha Adu Konsep Bisnis Perebutkan Modal Rp2,5 Miliar dari Bank Mandiri

  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) melanjutkan ajang pencarian ide bisnis Wirausaha Muda Mandiri (WMM).
Industri
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) melanjutkan ajang pencarian ide bisnis Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Ajang pencarian ide bisnis terbaik itu kini tengah memasuki babak final dengan hanya ada lima peserta tersisa.

Sebanyak lima finalis akan beradu konsep terbaik pada Grand Final WMM 2021 yang akan diselenggarakan di Jakarta, Sabtu, 27 November 2021 untuk memperebutkan capital reward sebesar Rp2,5 miliar. 

Kelima finalis itu adalah Alamsyah (Fox Logger, kategori Teknologi dari Jakarta), Syamsuria Syamsuddin (Duta Samudera Indonesia, kategori Industri Perdagangan dan Jasa dari Makasar), Aminudi (Biomagg, kategori Sosial dari Depok), Syukriyatun Niamah (Robries, kategori Kreatif dari Surabaya), dan Raditya Bagaskara (Makjon, kategori Boga dari Yogyakarta).

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengungkapkan, proses seleksi peserta kompetisi WMM bertema 'Livin The Dream’ itu telah dimulai sejak September 2021 dengan melakukan uji proposal dan dokumen pendukung, lalu kunjungan ke lokasi usaha, seleksi wilayah serta presentasi di hadapan juri-juri pilihan di tingkat nasional. 

Total ada sebanyak 5.450 pelaku usaha muda yang terdaftar sebagai peserta WMM 2021 yang terbagi dalam lima kategori yakni industri perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan kategori  teknologi.

“Dalam pelaksanaan seleksi di tingkat wilayah dan nasional, kami sangat gembira dengan antusiasme para peserta. Hal ini terlihat dari keseriusan peserta saat mempersiapkan presentasi di hadapan dewan juri. Ada 15 Finalis yang bertarung di babak Capital League di Bali dan terpilih 5 Top Finalis yang melaju ke Grand Final WMM Capital League di Jakarta,” kata Rudi dalam keterangan tertulis, dikutip, Senin, 22 November 2021.

Di babak Grand Final WMM Capital League, kelima finalis akan mempresentasikan konsep usahanya kepada dewan juri nasional, yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Anggota Wantimpres Putri Kuswisnu Wardani, dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

“Nantinya, setiap juri akan berperan sebagai calon investor dan langsung memberikan nilai investasinya kepada setiap finalis, ada yang dapat menjadi investor dalam acara tersebut. Investasi itu nantinya akan langsung dapat digunakan oleh finalis untuk pengembangan bisnis,” tutur Rudi.

Perhelatan WMM sendiri telah diselenggarakan sejak 2007 dan menjadi salah satu ajang bergengsi yang telah mewadahi ribuan pelaku usaha usia muda. Kurang lebih 50.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia telah menjadi bagian dari komunitas ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta.