Karyawan melayani calon pembeli di showroom penjualan sepeda motor listrik Uwinfly dikawasan Otista, Jakarta, Rabu, 24 November 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

50 Unit Motor Listrik Grab Indonesia Siap Layani Turis di Candi Borobudur

  • TWC berkolaborasi dengan Grab Indonesia menghadirkan kendaraan listrik roda dua dan GrabBike untuk layani turis di sekitar Candi Borobudur.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) berkolaborasi dengan Grab Indonesia menghadirkan kendaraan listrik roda dua dan GrabBike untuk layani turis di sekitar Candi Borobudur.

Kolaborasi yang dilakukan berkomitmen untuk memajukan desa wisata di Kawasan Borobudur melalui konsep pariwisata berkelanjutan, serta memperkuat potensi destinasi desa wisata, meningkatkan visibilitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta memberikan pengalaman baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa berbagai upaya telah dilakukan untuk mendukung pelaksanaan G20 yang mengusung tema ‘Recovery Together, Recovery Stronger’. Salah satunya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan.

"Kendaraan ramah lingkungan ini didesain untuk harga terjangkau bagi wisatawan yang akan mengurangi jejak karbon mereka. Sehingga dapat meningkatkan daya tarik wisata lokal bagi wisatawan dan menciptakan keseimbangan pariwisata massal dan pariwisata berkualitas," kata dia dalam keterangan resmi, Kamis, 19 Mei 2022.

Pada tahap awal akan diluncurkan 50 unit kendaraan listrik roda dua yang bisa digunakan wisatawan untuk menjelajah dan berkunjung ke desa wisata di sekitar Candi Bobudur. Rencananya 50 unit kendaraan listrik tersebut akan mulai digunakan pada waktu liburan mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah (Jateng) Sinung Nugroho Rachmadi mengatakan, Pemerintah Provinsi Jateng menyambut baik atas peluncuran sepeda motor listrik ini. Menurutnya, hal ini menjadi kreasi yang penting dilakukan untuk subtansi inti dari kebangkitan pariwisata.