<p>Ilustrasi menara telekomunikasi. / Pixabay</p>
Korporasi

5G Masuk RI, Emiten Menara Grup Djarum (TOWR) Fokus Bisnis Serat Optik Tahun Ini

  • PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) melalui anak usahanya, PT Iforte Solusi Infotek mulai mengembangkan bisnis serat optik guna menyambut layanan internet generasi kelima alias 5G di Indonesia.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) melalui anak usahanya, PT Iforte Solusi Infotek mulai mengembangkan bisnis serat optik guna menyambut layanan internet generasi kelima alias 5G di Indonesia.

Wakil Direktur Utama Sarana Menara Nusantara Adam Gifari mengungkapkan pihaknya memang tengah fokus menggarap bisnis layanan berbasis serat optik pada tahun ini.

Pengembangan bisnis ini akan dilakukan oleh Iforte yang memang telah menjalankan bisnis penyewaan jaringan serat optik sejak 2018.

“Kita hanya mengikuti kemauan industri, dan tahun ini memang banyak permintaan terkait fiber optik. Tapi bisa saja tahun depan kita fokus pada bisnis menara,” ujarnya kepada TrenAsia.com, Kamis 10 Juni 2021.

Pada 8 Juni 2021, Iforte melakukan pendatanganan perjanjian jual beli dengan entitas usaha TOWR lainnya, yaitu PT Global Telekomunikasi Prima (GTP). Dalam transaksi afiliasi itu, GTP menjual sejumlah aset fiber optik beserta perangkatnya kepada Iforte dengan nilai Rp2,19 miliar.

GTP sepakat menjual fiber optik dan perangkat di dalamnya yang terpasang dan disediakan untuk area Medan-Deli Serdang, Palembang, Pekanbaru, dan Surabaya kepada Iforte.

Transaksi perjanjian jual beli tersebut dilakukan untuk mendukung perluasan cakupan atas kegiatan usaha serta portofolio kepemilikan fiber optik Iforte.

“Melalui transaksi itu, anak perusahaan dari perseroan tersebut akan dapat meningkatkan efisiensi penerimaan arus kas. Hal tersebut secara konsolidasi dapat berdampak positif bagi kegiatan usaha perseroan,” tulis manajemen TOWR melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis 10 Juni 2021. (LRD)