Cara Mendinginkan HP yang Panas, Bantu Cegah Ponsel Rusak!
Tekno

6 Cara Mendinginkan HP yang Panas, Bantu Cegah Kerusakan Ponsel!

  • Inilah beberapa cara mendinginkan HP yang panas agar tidak cepat rusak. Selamat mencoba.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Ponsel atau HP sekarang menjadi barang yang tidak pernah lupa dibawa ke mana saja. Hal ini karena ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan melalui HP mulai dari mendengarkan musik, melihat video, memesan makanan, melakukan transaksi, dan masih banyak lagi.

Namun seiring meningkatnya penggunaan ponsel, tentu Anda sering mengeluhkan kondisi HP yang jadi cepat panas. HP yang panas tentu tidak nyaman digunakan bahkan bisa menyebabkan kerusakan ponsel jangka panjang.

Ponsel yang panas dapat menyebabkan degradasi baterai, kinerja aplikasi atau perangkat lunak di HP jadi lebih lambat, komponen yang ada di dalam internal perangkat jadi meleleh, dan berkurangnya umur atau masa pakai perangkat.

Oleh karena itu, disarankan agar suhu ponsel Anda tetap antara 32-35 derajat Celcius saja. Anda juga harus berhati-hati untuk tidak menyimpan ponsel di tempat yang lebih panas dari 45 derajat Celcius.

Terkadang Anda mungkin dalam suatu kondisi di mana ponsel cepat panas dan tidak bisa mencegahnya. Jika Anda merasa ponsel Anda terlalu panas untuk digunakan, Anda harus mengetahui langkah-langkah sebagai berikut untuk mendinginkannya.

Cara Mendinginkan HP yang Panas

1. Jauhkan HP dari paparan sinar matahari atau kondisi yang panas

Cara mendinginkan HP yang panas: jauhkan HP dari paparan sinar matahari atau kondisi yang panas

Jika ponsel Anda terlalu panas akibat terkena sinar matahari, cobalah untuk menyimpannya di tempat yang kering dan sejuk. Namun, jangan simpan ponsel di kulkas atau freezer karena dapat merusaknya. Sebaiknya letakkan di saku baju atau celana yang longgar, tas, atau di tempat teduh lainnya.

2. Angin-anginkan atau tiup HP Anda

Cara mendinginkan HP yang panas: angin-anginkan atau tiup HP Anda

Tempatkan HP Anda di daerah yang banyak angin untuk membantunya menjadi lebih cepat dingin atau menggunakan kipas angin atau kipas yang digerakkan dengan tangan. Jika tidak ada kipas, Anda bisa meniup ponsel atau meniru efek kipas dengan menggerak-gerakkan tangan.

3. Pisahkan HP dari perangkat lain

Cara mendinginkan HP yang panas: pisahkan HP dari perangkat lain

Semua perangkat dapat mengeluarkan udara panas. Jadi jika Anda memiliki banyak perangkat elektronik di tas seperti ponsel, tablet, atau komputer, cobalah untuk menjauhkannya atau memisahkannya sejauh mungkin terlebih dahulu.

4. Copot case HP

Cara mendinginkan HP yang panas: copot case HP

Case atau casing HP dapat membuat udara panas yang keluar dari ponsel menjadi terperangkap. Oleh karena itu, jika HP Anda sudah panas, sebaiknya lepaskan casing hingga ponsel Anda kembali ke suhu normal.

5. Matikan HP

Cara mendinginkan HP yang panas: matikan HP

Mematikan HP atau ponsel sepenuhnya dapat membantu menghentikan perangkat lunak agar tidak berjalan. Biarkan ponsel Anda mati sampai terasa dingin dan tidak panas ketika disentuh.

6. Tutup aplikasi di ponsel

Cara mendinginkan HP yang panas: tutup aplikasi di ponsel

Penggunaan aplikasi di HP secara berlebihan dapat membuat smartphone cepat panas. Oleh karena itu, tutuplah aplikasi yang sedang berjalan untuk membantu mengembalikan suhu HP ke suhu normal. Jangan hanya keluar dari aplikasi, tapi pastikan aplikasi tersebut telah tertutup.

Itu tadi beberapa cara mendinginkan HP yang panas agar tidak cepat rusak. Selamat mencoba.