Universiyas Indonesia
Sains

6 Danau Buatan di Kampus UI Ternyata Punya Peran Besar

  • Danau buatan di UI juga memberikan pengaruh terhadap iklim mikro siklus hidrologi di Kota Depok.
Sains
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) di Depok  memiliki enam danau buatan. Danau buatan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai tempat hidup berbagai jenis biota, tetapi juga memiliki peran vital dalam mendukung infrastruktur lingkungan di wilayah Depok secara keseluruhan.

Dilansir ui.ac.id, Jumat, 27 Oktober 2023, danau buatan di UI tidak hanya menjadi habitat bagi beragam biota, tetapi juga memiliki peran penting sebagai resapan air. Kehadiran danau membantu UI dan Depok mengatur kapasitas air di sekitar lingkungan, mengurangi risiko banjir saat musim hujan dan menyediakan sumber air selama periode kekeringan.

Selain itu, danau buatan di UI juga memberikan pengaruh terhadap iklim mikro siklus hidrologi di Kota Depok. Danau tersebut membantu menjaga keseimbangan ekosistem perairan tawar dan mendukung biodiversitas wilayah Depok.

UI memiliki enam danau buatan, yaitu Danau Kenanga, Danau Aghatis, Danau Mahoni, Danau Puspa, Danau Ulin, dan Danau Salam. Di dalam danau ini hidup sekitar 31 jenis ikan, yang memegang peran penting dalam menjaga keragaman ekosistem perairan.

Walaupun memiliki peran yang sangat penting dalam ekosistem lingkungan, danau buatan UI juga menghadapi sejumlah kendala. Beberapa tantangan yang dihadapi diantaranya yaitu pencemaran air danau, pendangkalan akibat endapan lumpur dari lingkungan sekitar, pertumbuhan gulma air, peningkatan jumlah alga akibat pencemaran limbah, dan masuknya biota invasif yang dapat mengganggu habitat dan biodiversitas.

Untuk menjaga dan melestarikan ekosistem perairan tawar ini, UI telah mengambil berbagai tindakan, mencakup upaya untuk mencegah pelepasan jenis ikan tertentu, membatasi penyebaran dan mengisolasi ikan invasif dengan fokus pada pemeliharaan ikan asli, melakukan restorasi perairan yang telah terkontaminasi, dan melarang pemeliharaan ikan invasif di lingkungan UI.

Langkah-langkah ini mencerminkan komitmen UI dalam menjaga keberlanjutan dan keseimbangan lingkungan serta biodiversitas di kampus mereka. Tindakan ini juga memberikan manfaat positif bagi wilayah sekitarnya, terutama dalam menghadapi tantangan cuaca ekstrem dan perubahan iklim.