Embung Nglanggeran, salah satu destinasi wisata yang berada di Desa Wisata Nglanggeran.
Destinasi & Kuliner

6 Destinasi Wisata Indah Wajib Dikunjungi di Gunungkidul dan Yogyakarta

  • Liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Buat kamu yang ingin berwisata ke Jogja, khususnya ke Gunungkidul, banyak lho destinasi wisata yang kamu kunjungi.
Destinasi & Kuliner
Sukirno

Sukirno

Author

GUNUNGKIDUL – Liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Buat Anda yang ingin berwisata ke Yogyakarta, khususnya ke Gunungkidul, banyak lho destinasi wisata yang bisa dikunjungi. 

Selama ini, wisata di Gunungkidul identik dengan pantai. Namun, tidak semua wisata di Gunungkidul itu pantai. Ada banyak destinasi wisata selain pantai yang bisa dikunjungi di Gunungkidul. 

Berikut ini adalah tempat-tempat wisata di Gunungkidul yang bukan pantai.

1. Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran

List pertama yang bisa Anda sambangi adalah Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran. Untuk menikmati Gunung Api Purba Nglanggeran, Anda harus sedikit mendaki. Tapi di sini Anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Sementara untuk Embung Nglanggeran, Anda bisa menikmatinya tanpa mendaki.

2. Air Terjun Sri Gethuk

Bulan Desember ini merupakan musim penghujan. Saat ini memang bukan musim yang tepat untuk berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk. Tapi saat sedang tidak hujan, tempat ini wajib masuk list.

3. Goa Kalisuci

Cavetubing Kalisuci ini merupakan tempat wisata yang bisa memacu adrenalin. Di sini Anda bisa melakukan aktivitas susur sungai (rafting), sekaligus susur goa (cave tubing). Goa Kalisuci ini terletak di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul.

4. Gunung Ireng

Gunung Ireng ini cocok buat Anda yang suka berburu kabut. Nah, ini adalah musim yang sangat tepat. Pastikan malam harinya atau H-1 sorenya hujan, maka pagi-pagi Anda bisa menikmati kabut di Gunung Ireng ini. Gunung Ireng berlokasi di Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

5.  Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang lokasinya berada di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Jadi Anda bisa mengunjungi dua tempat wisata ini sekaligus. Di lokasi ini juga sudah ada camping ground lho. Jadi Anda bisa menikmati air sambil camping.

6. Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan tempat yang pas untuk melepas penat sepulang dari Gunungkidul. Selain karena pemandangan landscape Jogja malam hari yang indah, pilihan tempat singgahnya juga banyak. Bukit bintang terletak di Area Kebun Srimulyo, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. 

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Tyo S pada 20 Dec 2021