6 Ide Bisnis Menjanjikan untuk Memulai Usaha Tahun Ini
Gaya Hidup

6 Ide Bisnis Menjanjikan untuk Memulai Usaha Tahun Ini

  • Meski masih berada di masa pandemi, tak ada salahnya untuk memulai usaha baru. Simak ide bisnis yang bisa dimulai tahun ini!
Gaya Hidup
Azura Azka Syavira

Azura Azka Syavira

Author

Memasuki tahun 2022, masyarakat mulai tertarik untuk membangun bisnis. Meski masih berada di masa pandemi, tak ada salahnya untuk memulai usaha baru. Sebab, bisa jadi tahun 2022 merupakan momentum yang tepat untuk membangun bisnis.

Bagi Anda yang akan memulai bisnis, penting untuk melihat terlebih dahulu tren bisnis yang saat ini sedang berjalan. Selain itu, bisnis ini juga harus memiliki potensi untuk berkembang ke depan.

Berikut ide bisnis yang cukup menjanjikan pada 2022. 

1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan program yang biasa digunakan dalam bisnis digital. Program ini paling efektif untuk mendapatkan penghasilan yang besar melalui internet karena waktunya yang singkat dan hasilnya yang menguntungkan. Dengan bermodal koneksi internet dan berbagai platform media sosial maupun website, Anda sudah bisa menjalankan usaha ini dengan lancar. Terlebih, jika Anda pandai mengambil hati dan punya skill promosi mumpuni.

2. Bisnis Dropship

Bisnis dropship artinya seseorang menjual produk yang berasal dari produsen atau penjual lain. Perbedaan dengan reseller  adalah penjual tidak perlu menyetok barang yang dijual dan mengirimkannya secara manual. Dengan bisnis ini, produsenlah yang langsung mengirimkan produk ke konsumen.

3. Photographer/Videographer

Setiap hari, di lingkungan sekitar kita secara rutin berlangsung berbagai acara, seperti seremonial pernikahan, sunatan, pengajian, kelulusan, dan lain-lain. Kebanyakan orang ingin memiliki kenangan yang bisa dijadikan media sebagai pengingat momen-momen tersebut, seperti cendera mata, foto, dan film dokumenter atau video. Hal itu membuat peluang jasa fotografi dan video shooting makin terbuka lebar. Sebuah usaha yang biasa berawal dari hobi ini kini makin banyak dicari orang.

4. Jasa Pembuatan Website

Di era digital ini, segala jenis bisnis memerlukan adanya website untuk memperluas jaringan penjualan, mulai dari bisnis yang bersifat perorangan, usaha mikro kecil menengah (UMKM), maupun korporasi. Selain prospeknya yang besar, modal yang diperlukan dalam pembuatan website terbilang kecil. Dengan hanya bermodal laptop, Anda sudah bisa memulai bisnis ini.

5. Wedding Organizer

Pernikahan yang menjadi salah satu hal yang sakral juga semakin banyak dilakukan seiring dengan bertambahnya usia penduduk. Pernikahan yang berlangsung beberapa jam memerlukan persiapan yang rumit dan lama agar segala sesuatunya sempurna. Hal ini sangat membuka peluang bisnis wedding organizer yang menguntungkan. Dalam satu hari kemungkinan ada beberapa acara pernikahan yang diselenggarakan yang tentu menjadi salah satu bisnis yang bisa ditekuni.

6. Catering Makanan Sehat

Katering harian sehat menjadi usaha peluang kreatif untuk dijadikan bisnis. Sebab, makanan menjadi kebutuhan pokok manusia yang dikonsumsi setiap harinya. Selain itu, gaya hidup sehat juga semakin digandrungi selama musim pandemi. Untuk itu, tidak ada salahnya memulai bisnis ini.