6 Manfaat Magnesum untuk Kesehatan
Rumah & Keluarga

6 Manfaat Magnesium untuk Kesehatan

  • Magnesium adalah mineral penting yang memiliki manfaat kesehatan luar biasa, baik untuk pemeliharaan kesehatan tubuh maupun pencegahan berbagai masalah. Berikut ini TrenAsia.com merangkum 6 manfaat magnesium untuk kesehatan dilansir dari berbagai sumber.
Rumah & Keluarga
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Magnesium adalah mineral penting yang memiliki manfaat kesehatan luar biasa, baik untuk pemeliharaan kesehatan tubuh maupun pencegahan berbagai masalah. 

Berikut ini TrenAsia.com merangkum 6 manfaat magnesium untuk kesehatan dilansir dari berbagai sumber.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Magnesium membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Hal ini dicapai dengan membantu melemaskan pembuluh darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Studi telah menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Penguatan Tulang

Magnesium berperan penting dalam membentuk tulang dan mempertahankan kepadatan mineral tulang. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi magnesium berkaitan dengan kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi sehingga bisa mengurangi risiko fraktur.

3. Mengatasi Depresi dan Kecemasan

Magnesium membantu mengatur mood dengan mengurangi kadar kortisol, hormon stres. Studi menunjukkan bahwa suplemen magnesium dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan dalam waktu singkat.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Magnesium dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dengan merelaksasi otot dan menurunkan kadar kortisol. Ini membantu mengatasi masalah tidur dan meningkatkan produksi melatonin, hormon yang mendukung tidur yang baik.

5. Aktivasi Vitamin D

Magnesium membantu mengaktifkan Vitamin D dalam tubuh dengan mendukung enzim yang terlibat dalam metabolisme Vitamin D. Vitamin D sendiri memiliki manfaat penting untuk kekuatan tulang, kekebalan tubuh, serta kesehatan jantung dan otak.

6. Mengurangi Sakit Kepala Migrain

Magnesium berperan sebagai pencegah dan penghilang nyeri untuk sakit kepala migrain. Kekurangan magnesium dapat menjadi penyebab migrain, dan suplemen magnesium telah terbukti mengurangi intensitas nyeri migrain.

Orang modern umumnya berisiko kekurangan magnesium karena tanah pertanian yang kekurangan mineral ini. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat maksimal, disarankan untuk mengonsumsi suplemen magnesium dan menjaga diet yang kaya magnesium.

Makanan kaya magnesium meliputi blackstrap molasses, biji-bijian, seafood, daging sapi dari peternakan yang memelihara rumput, produk susu organik, oatmeal, beras merah, dan jagung organik.

Dosis harian yang disarankan untuk magnesium adalah 400-420 mg untuk pria, 310-320 mg untuk wanita, 350-360 mg untuk wanita hamil, dan 310-320 mg untuk wanita menyusui. 

Namun, dosis ini mungkin tidak cukup, dan kekurangan magnesium dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, konsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen magnesium sangat disarankan untuk menghindari efek samping dan interaksi obat.