ilustrasi tambang nikel
Industri

6 Manfaat Nikel, Komoditas yang Jadi Rebutan Negara Maju

  • Pemerintah Indonesia meyakini nikel domestik merupakan hasil tambang yang memiliki sejuta manfaat bagi kehidupan manusia.

Industri

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Pemerintah Indonesia komoditas nikel sebagai hasil tambang yang memiliki sejuta manfaat bagi kehidupan manusia.

Mengutip dari situs Kementerian Koordinator Perekonomian Senin, 10 Juni 2023,  Indonesia merupakan negara yang kaya akan nikel. Data US Geological Survey menunjukkan cadangan nikel Indonesia menempati peringkat pertama. Jumlahnya mencapai 21 juta ton atau setara dengan 22% cadangan global.

Karenanya, Joko Widodo (Jokowi) terus menggaungkan hilirisasi nikel meski mendapat tekanan dari negara lain. Ia  berpendapat bahwa, konsistensi Indonesia pada kebijakan ini akan mengantarkan produk domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai US$3 triliun atau kisaran Rp45,6 triliun (asumsi kurs Rp15.200 per dolar AS) pada 2030.

Apa itu Nikel

Menurut penelusuran TrenAsia.com, nikel merupakan salah satu logam mineral dengan warna dasar putih keperakan yang mengkilap dengan campuran corak keemasan dan keras. Belakangan ini, nikel menjadi primadona. 

Saat industri kendaraan listrik dan energi terbarukan lainnya mulai menunjukkan taji, banyak negara mulai mengincar nikel, terutama di Indonesia. 

Alasan Nikel Menjadi Incaran Banyak Negara

Jokowi menyebut, salah satu Sumber Daya Alam (SDA) dari Indonesia yang jadi buruan negara asing adalah nikel. Sebab, nikel merupakan hasil tambang yang memiliki sejuta manfaat bagi kehidupan manusia. Mengutip berbagai sumber, berikut adalah manfaat nikel:

1. Campuran Bahan Baku Industri

Nikel dapat dimanfaatkan sebagai campuran bahan baku industri seperti peralatan tambang, peralatan produksi dengan campuran baja dan besi agar lebih kuat tetapi tidak getas. Jika dikombinasikan dengan nikel maka struktur campuran kerasnya tidak mudah retak saat terkena benturan keras masih kokoh.

2. Bahan Baku Kerangka Otomotif

Nikel digunakan sebagai bahan baku otomotif seperti mesin kendaraan, velg ban, ruji, stir mobil, hingga casing kendaraan. Dengan campuran nikel, membuat permukaan komponen otomotif lebih mengkilap dan terkesan mewah.

3. Bahan Pembuat Mata Uang Logam

Logam tambang dengan tekstur keras ini memiliki sifat lembut sehingga mudah dibentuk, terlebih ketika baru diambil dari pertambangan. Tidak hanya itu, bahan nikel mudah dibentuk, dan warnanya mengkilap

4. Material Senjata Militer

Di bidang militer, nikel dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan senjata. Selain itu, baju besi serta pelat baja sebagai pengaman tentara juga dibuat dari material nikel.

Nikel dipercaya lebih kokoh dan kuat untuk alat perang atau kegiatan kemiliteran lainnya. Sementara di bidang militer laut, kendaraan laut merupakan barang yang memanfaatkan bahan nikel agar tahan korosi dan oksidasi.

5. Pembuatan Kawat

Kawat listrik tentu sangat bahaya jika sampai berkarat, karena membuat remahan karatnya menembus keluar membuat percikan api. Jadi, kombinasi baja dan nikel menjadi dua logam terbaik dalam pembuatan kawat.

6. Turunan Nikel

Turunan nikel dalam bentuk cair bisa dimanfaatkan untuk pengobatan, larutan pembersih, atau lainnya. Turunan ini juga memiliki sifat nikel yang masih ada kendati banyak sifat baru yang dibutuhkan oleh ahli kimia.

Setelah mengetahui manfaat di atas, tidak heran jika nikel saat ini menjadi rebutan banyak negara. Mengingat, komoditas unggulan Indonesia itu memiliki nilai ekonomis tinggal untuk kepentingan industri masa depan.