HOKBEN LOGO.png
Gaya Hidup

6 Merek Ini Ternyata Asli Indonesia, Ada J.CO hingga Hokben

  • Banyaknya ragam merek yang muncul dari industri baik makanan, minuman hingga lainnya. Terkadang tak ada yang menyangka bahwa merek ini dikenal hingga mendunia ternyata asli dari Indonesia.
Gaya Hidup
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Banyaknya ragam merek yang muncul dari industri baik makanan, minuman hingga lainnya. Terkadang tak ada yang menyangka bahwa merek yang dikenal hingga mendunia ini ternyata asli dari Indonesia.

J.CO donut salah satu yang sering salah sangka banyak yang mengira merek satu ini berasal dari luar negeri, padahal merek-merek lain banyak yang berasal dari Indonesia loh.

Kira-kira apa saja merek mendunia yang ternyata berasal dari Indonesia? Berikut 7 merek yang ternyata asli dari tanah air : 

1. J.CO Donuts

J.Co atau gerai yang menjual donat ini merupakan merek asli Indonesia loh. Perusahaan yang didirikan oleh Perusahaan didirikan dan dimiliki oleh Johnny Andrean Group dibuka pada Mei 2006 lalu. Pada 2007 J.CO membuka gerai pertama di Malaysia, setahun kemudian di Singapura, lalu 2012 di Filipina, 2016 di Hong Kong dan 2018 di Arab Saudi.

2. CFC (California Fried Chicken)

CFC berdiri di bawah PT Pioneerindo Gourmet International Tbk, restoran ini berdiri pada 1983 di Jakarta dan merupakan salah satu perusahaan generasi pertama di Indonesia yang memperkenalkan konsep restoran cepat saji.

Perusahaan ini dulunya memegang waralaba California Pioneer Chicken dari Pioneer Take out asal Amerika Serikat. Namun pada 1989 perusahaan melepaskan diri dari waralaba dan memproduksi hingga memasarkan produk sendiri yaitu California Fried Chicken.

Hingga akhir  tahun  2020, CFC telah memiliki 4 merek dagang dengan 318 gerai yang dimiliki, yaitu 281gerai CFC, 10 gerai Sapo dan 23 gerai Cal Donat, dan 4 gerai Sugakiya.

3. Krisbow

Salah satu merek perkakas ini sering disangka berasal dari luar negeri, padahal Krisbow merupakan merek lokal. Krisbow merupakan member Kawan Lama Group yang juga menaungi Ace Hardware dan Informa.

Krisbow merupakan singkatan nama Krisnandi Wibowo. Dia adalah putra pendiri Kawan Lama Wong Jin. Kris juga adik dari Kuncoro Wibowo yang merupakan bos di Kawan Lama Group. Dikutip dari laman resmi krisbow.com hingga saat ini perusahaan telah memiliki lebih dari 10.000 produk dari kategori berbeda.

4. Silverqueen

Silverqueen bukan cokelat dari luar negeri namun, pabrik berada di Garut, Jawa Barat. Dilansir dari situs resmi perusahaan, bisnisnya saat ini telah berkembang ke Singapura, dan menjalin hubungan perdagangan dengan beberapa negara seperti Filipina, dan Malaysia.

Produknya termasuk SilverQueen juga telah dijual di lebih dari 10 negara lain termasuk Thailand, Brunei, India, Korea Selatan, dan Vietnam.

5. The Executive

The Executive merek pakaian pria dan wanita ini tentu tak asing ditelinga para pecinta fesyen. Siapa yang menyangka merek satu ini ternyata asli Indonesia. Dikutip dari laman resmi theexecutive.co.id disebutkan pada 1984 perusahaan mengambil alih Executive 99 dan menjadi bagian Delamibrands group. Saat ini ada 60 toko dan lebih dari 100 counter di department store.

6. HokBen

Restoran cepat saji yang menjual masakan Jepang ini didirikan pada 18 April 1985. Di bawah lisensi PT Bogainti. Dulu resto ini bernama Hoka Hoka Bento, namun perusahaan menggantinya pada Oktober 2013 menjadi Hokben karena lebih mudah dalam penyebutannya.

Hokben terkenal dengan kepulenan nasi, rasa saus mayonise pada salad yang enak dan ragam lauk pauk yang menjadi makanan pilihan konsumennya.