Featured

6 Negara yang Miliki Jalan Tol Bawah Air

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun jalan tol di bawah air tepatnya di teluk Balikpapan ruas jalan Tol Balikpapan-Samarinda.
Featured
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun jalan tol di bawah air tepatnya di teluk Balikpapan ruas jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Jalan tol bawah air nantinya menggunakan teknik terowongan penyeberangan bawah air atau submersible crossing yang nantinya juga menghubungkan ke Ibu Kota Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atamawidjaja mengatakan salah satu alasan rencana pembangunan jalan tol di bawah air agar menuju jalan ibu kota negara (IKN) Nusantara nantinya tidak merusak kawasan lindung yang berada di sana.

Selain Indonesia, sudah terangkum 6 negara yang juga memiliki jalan tol di bawah air di antaranya:

1.Tol Bawah Laut, Singapura

Jalan Tol Bernama Marina Coastal Expressway (MCE) tercatat sebagai salah satu terowongan bawah laut terbesar dan terpanjang di Singapura. Dibuktikan dengan waktu pembangunannya hingga empat tahun sejak pembangunannya dimulai pada 2008.

2.Tol Bawah Danau, China

Jalan tol ini masih dalam proses pembangunan yang sudah dimulai konstruksinya pada Juni 2017 dengan lokasi berada di bawah Danau Taihu, Provinsi Jiangsu, bagian timur China.

Diperkirakan jalan tol ini akan memiliki panjang terowongan bawah air mencapai 10,8 kilometer (km) yang digadang-gadangkan menjadi terowongan bawah air terpanjang dan terlebar di China.

3.Tol Bawah Laut, Norwegia

Pembangunan tol di Norwegia sebagai negara maju mampu memangkas waktu perjalanan dari 21 jam menjadi 11 jam dari Kristiansand hingga Trondheim. Tol ini dibangun di kedalaman100 kaki di bawah laut sehingga kapal masih bisa berlalu di atas jalan tol ini.

4.Terowongan Al-Shindagha, Dubai  

Al-Shindagha berada di Dubai, Uni Emirat Arab yang dibangun di bawah Teluk Dubai menghubungkan Deira dan Al-Shindagha dengan memiliki empat jalur, masing-masing dua jalur dengan arah yang berlawanan.

5.Terowongan Bawah Laut, Swedia dan Denmark

Terowongan Oresund diambil dari salah satu nama dibagian tiga selat yang menghubungkan Laut Baltik dan Samudera Atlantik melalui Kattegat, Skagerrak, dan laut utara. Terowongan ini menghubungkan Ibu Kota Denmark, Kopenhagen dengan Kota Malmo di Swedia. Terowongan sekaligus jembatan Oresund ini dirancang oleh arsitek asal Denmark George KS Rotne yang sudah beroperasi sejak 1 Juli 2000.

6.Terowangan Kereta Bawah Laut, Sydney

Berbeda dengan lima negara sebelumnya, di Sydney terowongan bawah laut digunakan khusus untuk dilalui kareta. Terowongan ini berada tepat di bawah ikon Kota Sydney yaitu Harbour Bridge atau jembatan pelabuhan.

Terowongan ini masih dalam tahap pembangunan dengan target penyelesaiannya pada 2024 mendatang. Biaya yang ditelan terowongan bawah laut ini mencapai USD 20 Miliar atau senilai Rp286,5 triliun (dalam kurs rupiah Rp14.327,00).