Ilustrasi Keindahan Pulau Rote
Dunia

6 Pulau Kecil Terluar yang Jadi 'Surga' di Perbatasan Indonesia

  • Walaupun sulit dijangkau, hampir semua destinasi pulau terluar Indonesia memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) merupakan pulau-pulau kecil seluas kurang lebih 2.000 km persegi. Pulau tersebut memiliki titik dasar koordinat geografis yang menghubungkan garis pangkal laut kepulauan sesuai dengan hukum internasional dan nasional. 

Dengan kata lain, pulau terluar Indonesia masuk ke dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) menurut laman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2010, tentang Pemanfaatan Pulau-Pulau Kecil Terluar (Pasal 3 Ayat (1)), PPKT juga termasuk dalam Kawasan Strategis Nasional Tertentu (KSNT).

KSNT adalah kawasan yang berhubungan dengan kedaulatan negara, pengendalian lingkungan hidup, atau situs warisan dunia, dan pembangunannya didahulukan untuk kepentingan nasional.

Walaupun sulit dijangkau, hampir semua destinasi pulau terluar Indonesia memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa. Keindahannya begitu menakjubkan sehingga pulau-pulau terluar sering dianggap sebagai surga di perbatasan Indonesia.

Dilansir dari Kementerian dan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Jumat 28 Juli 2023, berikut adalah pulau-pulau terluar yang dianggap surga perbatasan Indonesia.

Pulau-Pulau Terluar yang Sering Dianggap Surga di Perbatasan Indonesia

Pulau Natuna

Pulau Natuna tetap menjadi salah satu destinasi pulau terluar Indonesia yang terkenal karena keindahan alamnya. Berlokasi di Provinsi Kepulauan Riau dan berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan, Pulau Natuna menawarkan destinasi wisata yang eksotis.

Jika Anda tertarik untuk berwisata di pantai, Anda dapat mengunjungi Pantai Teluk Buton dan Pantai Sahi di Pulau Natuna. Jika ingin melakukan island hopping, ada Pulau Senua yang terkenal sebagai pusat konservasi penyu dan destinasi wisata edukasi.

Selain menikmati keindahan pemandangan pantai, Anda juga berkesempatan untuk snorkeling dan menyaksikan kelestarian ratusan terumbu karang yang terjaga dengan baik.

Pulau Marampit

Pulau Marampit, sebuah destinasi wisata pulau terluar Indonesia, terletak di Sulawesi Utara. Pulau ini memiliki luas sekitar 12 kilometer persegi dan berbatasan langsung dengan Filipina. Di sana terdapat tiga kampung, yaitu Kampung Marampit, Kampung Laluhe, dan Kampung Dampulis.

Meskipun terletak di ujung Indonesia, Pulau Marampit memiliki potensi wisata yang sangat menarik. Beragam aktivitas bisa dinikmati di pulau terluar ini, mulai dari wisata pantai seperti menyelam dan menjelajah pulau, hingga menyaksikan secara langsung flora dan fauna endemik yang unik. 

Selain itu, terdapat pula wisata sejarah dengan mengunjungi benteng karst peninggalan Kerajaan Bantek.

Pulau Rote

Pulau Rote merupakan pulau paling terluar di Indonesia yang terletak di Perairan Laut Sawi dan berbatasan dengan Samudera Hindia di bagian selatan. Pulau ini terkenal sebagai pulau paling selatan Indonesia dan memiliki pantai-pantai yang tiada dua.

Salah satunya adalah Pantai Nemberala, sebuah pantai berpasir putih yang menjadi tujuan favorit para wisatawan yang gemar berselancar. Spot berselancar terbaik di Pulau Rote ini menawarkan gulungan ombak setinggi 7 meter yang menantang.

Jika Anda mencari pantai yang lebih tenang, Pantai Telaga Nirwana merupakan pilihan yang tepat. Pantai ini menjadi primadona di Pulau Rote dan terkenal dengan aliran air yang tenang dan kejernihan kristalnya. Sehingga, sangat cocok untuk menenangkan pikiran sambil bermain kayak.

Pulau Miangas

Pulau Miangas merupakan destinasi pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan antara Indonesia dan Filipina, berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud. Pulau ini menjadi bagian wilayah darat Indonesia yang paling utara.

Pulau yang juga dikenal dengan sebutan “Palmas” ini menawarkan banyak destinasi wisata pantai yang alami. Salah satunya adalah Pantai Merra, pantai yang indah di Pulau Miangas yang terkenal dengan pasir putih halus dan air laut yang menyegarkan. Karena lokasinya yang tersembunyi, kebersihan pantai di sini tetap terjaga dengan baik.

Pulau Weh

Pulau Weh merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di ujung barat negara ini. Disebut juga sebagai “Surga di Ujung Barat Indonesia,” pulau utara Aceh ini memiliki banyak potensi wisata yang menarik.

Bagi pecinta sunrise, Anda dapat mengunjungi Pantai Iboih untuk menenangkan diri sambil menikmati keindahan matahari terbit yang memukau. Di sana, Anda juga dapat menikmati batuan alam yang eksotis dengan pasir putih keemasan yang berkilau indah.

Apabila ingin menjelajahi keindahan bawah laut, Anda dapat mengunjungi surga snorkeling di Pantai Sumur Tiga. Pantai ini hanya berjarak 10 menit dari Kota Sabang dan menawarkan keindahan bahari dengan lingkungan yang masih alami dan asri.

Pulau Liki

Pulau Liki adalah salah satu destinasi wisata pulau terluar Indonesia yang tidak kalah menawan. Pulau ini berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik dan terkenal dengan keindahan bawah laut yang sangat eksotis.

Ketika pertama kali tiba di pulau iniAnda akan disambut dengan pasir pantai putih yang bersih dan air laut yang jernih dan bergradasi. Jernihnya air laut memungkinkan kita untuk melihat biota laut dengan mata telanjang. Menariknya, wisatawan juga berkesempatan untuk melihat gerombolan lumba-lumba yang sering muncul pada pagi hingga siang hari.

Itulah beberapa pulau terluar di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Jadi, dari pulau-pulau yang telah disebutkan, manakah yang menarik minat Anda untuk dikunjungi?