Pantai Sorake
Dunia

6 Tempat Selancar Terbaik Kelas Dunia yang Ada di Indonesia

  • Tidak mengherankan surfing begitu populer di Indonesia, mengingat negara ini memiliki banyak lokasi selancar kelas dunia yang menantang.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Selain memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, Indonesia menjadi destinasi favorit bagi para pencari petualangan. Fenomena ini dapat diamati dari pertumbuhan pesat sport tourism, dengan selancar (surfing) menjadi salah satu aktivitas yang populer di antara para pemacu adrenalin.

Tidak mengherankan surfing begitu populer di Indonesia, mengingat negara ini memiliki banyak lokasi selancar kelas dunia yang menantang. Bahkan, beberapa lokasi selancar terbaik di Indonesia sering menjadi tuan rumah kejuaraan selancar internasional yang bergengsi.

Berikut adalah daftar tempat selancar terbaik di Indonesia yang mendunia, dikutip dari laman Kemenparekraf, Selasa 8 Agustus 2023:

1. Pantai Plengkung - Banyuwangi

Pantai Plengkung (indonesia.go.id)

Pantai Plengkung Banyuwangi dikenal juga dengan sebutan “G-land.” Pantai ini menjadi daya tarik utama bagi para pencinta sport tourism yang ingin menikmati kegiatan berselancar. Bahkan, G-land Banyuwangi dianggap sebagai salah satu lokasi selancar terbaik di dunia, tidak kalah terkenal dengan spot surfing di Hawaii.

Pantai Plengkung Banyuwangi memiliki ombak besar dengan tinggi mencapai 6-8 meter, dan intervalnya dapat mencapai 5 menit. Tidak heran jika G-land sering menjadi tuan rumah kompetisi selancar tingkat dunia.

2. Pulau Nihiwatu - Sumba Barat

Pulau Nihiwatu (indonesia.go.id)

Salah satu lokasi selancar terbaik di Indonesia terdapat di Nusa Tenggara Timur, yaitu di Pulau Nihiwatu. Di sini, keindahan alam yang memukau, budaya unik, dan keramahan penduduk setempat menjadi pelengkap sensasi berselancar di Pulau Nihiwatu. Pulau ini bahkan dikenal dengan sebutan “Left God Waves” karena ombaknya yang tinggi dan menantang.

3. Kepulauan Mentawai - Sumatera Barat

Kepulauan Mentawai (djkn.kemenkeu.go.id)

Sumatera Barat menawarkan sekitar 400 lokasi selancar yang tersebar di Kepulauan Mentawai. Tidak mengherankan bahwa banyak yang menyebutnya sebagai “surga tersembunyi” bagi peselancar di seluruh dunia.

Pulau Sipora menawarkan ombak yang konsisten, dengan ketinggian mencapai 7 meter. Tingginya gelombang seolah membentuk terowongan menantang yang menarik bagi para peselancar internasional.

4. Pulau Rote - Nusa Tenggara Timur

Pulau Rote (wikipedia.org)

Seperti G-Land di Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur juga memiliki T-Land, julukan untuk lokasi selancar yang terletak di Pulau Rote. Ombak di Pulau Rote bisa mencapai panjang hingga 300 meter dan tinggi ombak mencapai 4,5 meter. Beberapa lokasi selancar terbaik di Pulau Rote meliputi Pantai Nemberala, Pantai Bo'a, dan Pulau Ndana.

5. Pantai Sorake - Nias

Pantai Sorake (disbudpar.sumutprov.go.id)

Lokasi selancar terbaik di Indonesia yang pertama ada di Nias, Sumatera Utara, khususnya di Pantai Sorake. Pantai Sorake menarik perhatian karena ombaknya yang unik, hampir mencapai bibir pantai dengan panjang sekitar 200 meter, hal yang jarang ditemukan di pantai lain di dunia. Kondisi ini menyebabkan waktu menunggangi ombak di Pantai Sorake menjadi lebih lama. Tantangan tambahan adalah ketinggian gelombang yang bisa mencapai 3-5 meter.

6. Pantai Tanjung Setia - Lampung

Pantai Tanjung Setia (dpmptsp.pesisirbaratkab.go.id)

Pantai Tanjung Setia, terletak di depan Samudera Hindia, pada puncak musim selancar, yaitu dari Juni hingga Agustus, ombak di Pantai Tanjung Setia dapat mencapai ketinggian antara 6 hingga 7 meter, dengan interval ombak yang sangat panjang mencapai 200 meter.