Nasabah menggunakan layanan mesin CS Digital  di kantor cabang Bank BCA, Gandaria City, Jakarta, Kamis, 16 Desember 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

6 Tips Hindari Penipuan Berkedok BCA di Media Sosial

  • Maraknya penipuan melalui media sosial yang mengatasnamakan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA dengan modus menawarkan kepada korban untuk menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas. Selain itu, terdapat penipuan dengan modus yang menawarkan pembuatan kartu kredit BCA.
Nasional
Nadia Amila

Nadia Amila

Author

JAKARTA - Saat ini marak terjadi penipuan melalui media sosial yang mengatasnamakan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA dengan berbagai modus. 

Penipuan ini mulai dari menawarkan kepada korban untuk menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas, menawarkan pembuatan kartu kredit BCA dan modus lainya.

Direktur BCA Haryanto T. Budiman mengimbau agar nasabah berhati-hati dan tidak memberikan data pribadi seperti nomor kartu, PIN OTP dan lain-lain. 

Menurut dia, cyber crime yang belakangan marak terjadi karena semakin pesatnya perkembangan digital. Hal ini patut diwaspadai oleh nasabah karena Bank tidak pernah meminta data pribadi nasabahnya. 

"Jangan pernah memberikan data pribadi Anda kepada siapapun," kata Haryanto dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, 13 Juni 2022.

Ditambahkan,  jika nasabah terkena penipuan berkedok BCA, mereka bisa menelepon call center BCA di 1500888 untuk menyelamatkan dananya. 

“Jika Anda terkena skimming, segera melapor kepada call center BCA agar dana Anda akan dikembalikan 100% oleh pihak BCA. Dengan catatan, Anda terkena skimming tidak dengan modus penipuan lain,” tambah Haryanto.

Berikut tips selengkapnya agar terhindar dari penipuan atas nama BCA:

1. Nomor telepon Halo BCA adalah 1500888 tanpa awalan 021, +62 dsb. Nomor resmi WhatsApp bank BCA adalah 08111500998 dengan centang hijau. Di luar itu, sudah pasti penipuan.

2. Akun resmi Instagram BCA hanya @GoodlifeBCA. Cek semua akun resmi media sosial BCA pada https://www.bca.co.id/en/tentang-bca/media-riset/Social-Media 

3. Website resmi BCA adalah www.bca.co.id dan Website BCA Solitaire dan Prioritas adalah https://prioritas.bca.co.id/ serta aplikasi BYC Apps. Jika ada selain ini, sudah pasti itu palsu.

4. Keanggotaan BCA Solitaire dan Prioritas hanya bisa didapatkan melalui syarat dan ketentuan tertentu dan undangan dari pihak BCA secara langsung melalui surat resmi kepada nasabah. Jadi, jika ada pihak lain yang menawarkan jasa upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas melalui media sosial (Instagram, Facebook, atau Whatsapp), sudah pasti itu penipuan.

5. Awas tautan palsu, Jangan diklik, apalagi mengisi data-data pribadi Anda. BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun termasuk tautan.

6. Jaga selalu kerahasiaan data pribadi Anda seperti nomor kartu debit atau kartu kredit, PIN, CVV/CVC, OTP dll.

Berikut akun-akun resmi BCA, Instagram yaitu @goodlifeBCA, Twitter yaitu @bankBCA dan @HalBCA, kemudian Facebook @BankBCA, Line yaitu Bank BCA, website yaitu www.bca.co.id atau prioritas.bca.co.id dan WhatsApp yaitu 08111500998.

Terakhir, Haryanto menegaskan, jika ada akun-akun atau nomor-nomor palsu yang mengatasnamakan BCA yang menawarkan Upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas, maka itu adalah akun palsu. 

Ia juga mengatakan, BCA tidak mempunyai program yang menawarkan modus-modus tersebut kepada nasabah.