Aktivitas pengrajin membuat ukiran dengan media batu paras di workshop kerajinan kawasan Depok, Jawa Barat, Senin, 7 Februari 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Industri

6 Tips untuk Memulai Usaha, Punya Rasa Percaya Diri dan Berani Ambil Risiko

  • “Lahir miskin bukan kesalahanmu, tetapi jika kamu meninggal miskin itu kesalahanmu." Petikan tersebut merupakan salah satu kalimat motivasi yang cukup terkenal dari bos Microsoft, Bill Gates.
Industri
Erwin C. Sihombing

Erwin C. Sihombing

Author

JAKARTA - “Lahir miskin bukan kesalahanmu, tetapi jika kamu meninggal miskin itu kesalahanmu." Petikan tersebut merupakan salah satu kalimat motivasi yang cukup terkenal dari bos Microsoft, Bill Gates.

Jangan diartikan pernyataan Gates secara harfiah karena yang ditekankan yaitu, kunci keberhasilan manusia adalah mau belajar dan berusaha keluar dari segala kesulitan. Sedangkan soal kaya dan miskin tentulah terlalu subjektif untuk dijadikan ukuran keberhasilan seseorang.

Namun tidaklah berlebihan mengartikan pernyataan dari sosok pengusaha dan filantropi itu secara rasional, bahwa secara global manusia harus dimotivasi untuk hidup menjadi lebih baik. Tentunya kehidupan yang lebih baik haruslah dicapai dengan cara-cara yang wajar.

Salah satu cara untuk melepaskan diri dari himpitan ekonomi adalah berwirausaha seperti Bill Gates. Bagaimana memulainya tentu harus berawal dari ide atau gagasan, dan memanfaatkan fasilitas yang ada secara kreatif. Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk memulai usaha:

Percaya Diri

Seorang yang mau berwirausaha harus memiliki modal awal rasa percaya diri. Sikap ini dapat terbentuk ketika seseorang telah memiliki visi yang jelas dari usaha yang mau digeluti dan telah memiliki strategi matang dalam memastikan kelangsungan produk/ide dari kegiatan usahanya.

Berani Ambil Risiko

Pebisnis harus mampu menjawab tantangan, bila perlu menjadikannya sebagai peluang untuk mengembangkan usahanya. Sebab sikap berani menghadapi tantangan menandakan pebisnis memahami risiko secara rasional.

Memiliki Integritas

Integritas menunjukkan karakter seseorang yang bisa dipercaya dan bertanggung jawab. Karakter ini tentunya harus dimiliki oleh orang yang mau berwirausaha dengan mengikuti seluruh prosedur yang berlaku maupun kontrak perjanjian dengan rekan bisnis.
 

Komunikatif

Seorang pebisnis haruslah komunikatif. Sifat ini penting dimiliki mengingat pebisnis harus menjalin kerja sama dengan pihak lain, termasuk membangun situasi saling menghargai dengan rekan bisnis maupun pekerjanya.

Mau Belajar

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kesuksesan bukan hanya berasal dari faktor keberuntungan tetapi butuh pengalaman untuk meraihnya. Cara yang mesti dilakukan bagi mereka yang mau berwirausaha adalah mau terus belajar, dari pengalaman sendiri maupun dari sosok-sosok inspiratif.

Siapkan Modal

Memiliki modal finansial memadai untuk memulai bisnis sangat penting dalam memastikan kelanjutan bisnis. Modal yang dimiliki haruslah mencukupi segala kebutuhan awal sebelum mengelola keuntungan.