<p>ilustrasi/AHM</p>
Gaya Hidup

60 Km Honda BeAT Hanya Butuh 1 Liter BBM

  • JAKARTA – Astra Honda Motors (AHM) Meluncurkan produk terbaru Honda BeAT 2020 di Jakarta (16/1). Produk BeAT terbaru dari AHM ini memiliki banyak …

Gaya Hidup

Acep Saepudin

JAKARTA – Astra Honda Motors (AHM) Meluncurkan produk terbaru Honda BeAT 2020 di Jakarta (16/1). Produk BeAT terbaru dari AHM ini memiliki banyak perubahan jika dibandingkan produk sebelumnya.

Salah satunya adalah mengenai konsumsi bahan bakar.Mmenurut pihak AHM, Honda BeAT terbaru ini dapat menempuh jarak 60,6 km per liter. Artinya sepeda motor ini lebih irit dari model sebelumnya yaitu 59 km per liter.

Large Project Leader Honda Motorcycle Operations Monozukuri Center Makoto Dohi mengatakan konsumsi bahan bakar BeAT bisa menjadi lebih irit lantaran menggunakan mesin 110 cc terbaru.

“Generasi baru BeAT memakai mesin baru 110 cc SOHC, PGM-FI, eSP (enhanced Smart Power) yang mirip mesin Genio. Bukan hanya mesin, BeAT terbaru juga memakai platform yang sama dengan Genio, yakni eSAF (enhanced Smart Architecture Frame),” ujarnya dikutip dari CNN Indonesia.

Menurut Dohi, mesin BeAT terbaru memiliki tenaga 8,8 hp dan torsi 9,3 Nm. Ini lebih besar dari mesin lama yang menghasilkan 8,5 hp dan 9 Nm. “Ubahan mesin ada pada ruang pembakaran dibuat lebih ringkas sehingga pembakaran lebih maksimal. Layout mesin juga dirangkai lebih optimal dari generasi sebelumnya,” jelasnya.

Meski memiliki mesin yang mirip dengan yang digunakan Genio, Honda BeAT 2020 memiliki angka konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar produk skutik retro tersebut.

Sementara President Director PT AHM, Toshiyuki Inuma mengatakan sejak produk ini diluncurkan pada 2008 hingga saat ini, lebih dari 17 juta unit Honda BeAT digunakan masyarakat berbagai usia di seluruh Indonesia untuk berbagai aktivitas. “Populasi pengguna Honda BeAT yang sangat besar menginspirasi beragam inovasi. Terutama dalam mengembangkan produk ini sesuai dengan selera, minat, kebutuhan dan harapan terkini,” paparnya.

All New Honda BeAT 2020 hadir dalam dua tipe yakni CBS (Combi Brake System) dan CBS-ISS (Combi Brake System-Idling Stop System). Honda BeAT 2020 tersedia dalam sembilan varian warna sesuai dengan tren anak muda saat ini. Untuk tipe CBS terdapat 4 pilihan warna yakni Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black. Tipe ini dipasarkan dengan harga Rp 16,450 juta on the road Jakarta).

Sementara pada tipe CBS-ISS hadir tiga pilihan warna. Di antaranya Garage Black, Electro Blue Black dan Fusion Magenta Black yang dipasarkan Rp 17 juta 150 ribu on the road Jakarta.

Selain itu, model ini juga menawarkan tipe Deluxe series (CBS-ISS) dalam dua pilihan warna lainnya. Yakni Deluxe Black dan Deluxe Silver yang dipadukan 3D Emblem untuk memberikan kesan mewah. Tipe ini dipasarkan Rp 17 juta 250 ribu on the road Jakarta.