Video

7 Bank Kakap Pemilik Aset Terbesar di Indonesia

  • Meski dari sisi aset BRI menjadi bank terbesar di Indonesia, namun dari sisi kapitalisasi pasar justru PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang paling jumbo
Video
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - Bank pelat merah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) kembali mengukuhkan posisinya sebagai bank dengan aset individual (bank only) terbesar di Tanah Air. 

Sementara anak bank pelat merah lainnya, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) yang genap berusia satu tahun sejak merger tahun lalu juga merangsek ke posisi tujuh besar bank dengan aset terjumbo.

Menariknya, dari semua bank dengan aset terbesar tersebut, hanya PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) yang tercatat turun asetnya. Kontraksi ini lebih disebabkan oleh berkurangnya penempatan pada BI, berkurangnya surat berharga yang dimiliki serta pembengkakan akumulasi depresiasi aset tetap dan inventaris.

Meski dari sisi aset BRI menjadi bank terbesar di Indonesia, namun dari sisi kapitalisasi pasar justru PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang paling jumbo mencapai Rp949,2 triliun bahkan mengungguli BRI sebesar Rp689,6 triliun.