Laptop
Gaya Hidup

7 Cara Ampuh Agar Makin Produktif Bekerja Saat Weekday

  • Inilah beberapa cara yang ampuh membantu Anda agar semakin produktif bekerja saat weekday. Selamat mencoba!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pernahkah Anda merasa tidak produktif ketika menghabiskan banyak waktu duduk menghadap meja kerja tapi tidak banyak pekerjaan yang berhasil Anda selesaikan padahal waktu terus berjalan? Jika iya, Anda tidak sendiri.

Banyak orang yang juga mengalami hal yang sama, apalagi ketika bekerja pada weekday. Namun, tidak mungkin jika Anda harus mengandalkan mood agar bisa terus produktif.

Anda perlu segera mengatasinya agar kinerja Anda tetap terjaga dan mampu menyelesaikan tugas yang diberikan kepada Anda. Berikut cara untuk mengatasinya.

Cara Tetap Produktif Bekerja Saat Weekday

Cara Tetap Produktif Bekerja Saat Weekday

1. Buat Rutinitas Pagi

Buatlah rutinitas pagi yang akan memandu Anda ke tugas yang Anda tahu harus Anda lakukan. Tugas ini tidak harus menjadi tugas yang tersulit, tapi pastikan Anda tetap mindful saat mengerjakannya.

Rutinitas pagi ini bisa jadi seperti setelah membuat kopi, Anda duduk menghadap meja kerja, membuat daftar tugas, menandai tugas sebagai prioritas yang tinggi, lalu mulai kumpulkan berbagai alat yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas Anda.

2. Tetapkan Target atau Tujuan yang Jelas

Selain membuat rutinitas pagi dan daftar tugas, Anda juga perlu menetapkan tujuan pada saat sedang bekerja. Tujuan ini harus mengikuti metode SMART (specific, measurable, achievable, relevant, dan time), maksudnya adalah tujuan Anda harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki batasan waktu. Dengan memiliki target yang jelas, Anda akan merasa lebih termotivasi dan fokus untuk mengerjakannya.

3. Kurangi Distraksi

Anda mungkin kurang fokus bekerja karena terlalu banyak distraksi di sekitar Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa memulainya dengan mengetahui apa yang mengganggu Anda. Distraksi bisa muncul dari pemberitahuan di ponsel, kebiasaan scrolling di media sosial, snack, makan siang, dan sebagainya. 

4. Tingkatkan Efisiensi

Cobalah untuk mencari cara yang dapat meningkatkan efisiensi Anda dalam bekerja. Misalnya, Anda bisa menggunakan alat atau aplikasi produktivitas, mengotomatiskan tugas rutin, atau menggunakan template untuk suatu tugas tertentu agar lebih menghemat waktu dan energi.

5. Hindari Kebiasaan Menunda-nunda

Jangan terbiasa untuk menumpuk tugas. Cobalah untuk melakukan tugas yang mendesak dan penting terlebih dahulu untuk melepaskan beban pikiran sekaligus memastikan pekerjaan Anda selesai tepat waktu. Anda juga bisa menggunakan teknik Pomodoro agar lebih fokus bekerja di mana Anda bekerja selama 25 menit tanpa gangguan lalu beristirahat selama 5 menit.

6. Istirahat Secara Teratur

Mungkin hal ini terkesan kontraproduktif. Akan tetapi, mengambil waktu istirahat secara teratur ternyata justru dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Cobalah untuk memberikan diri Anda jeda singkat setiap beberapa jam yang digunakan untuk mengistirahatkan pikiran sekaligus memulihkan energi. Gunakan waktu istirahat ini untuk berjalan-jalan, berdiskusi dengan rekan kerja, atau melakukan aktivitas olahraga ringan seperti peregangan.

7. Buat Jadwal

Anda juga bisa meningkatkan produktivitas dengan membuat jadwal harian atau mingguan yang mencakup waktu kerja, istirahat, dan kegiatan lainnya. Selain membuat jadwal secara teratur, penting bagi Anda untuk selalu mematuhinya. Dengan adanya jadwal yang terstruktur, Anda akan terhindar dari pemborosan waktu sehingga bisa memanfaatkan waktu lebih efisien.

Itu tadi beberapa cara yang ampuh membantu Anda agar semakin produktif bekerja saat weekday. Selamat mencoba!