Nampak sejumlah pengunjung tengah melakukan aktifitas olahraga di sebuah pusat kebugaran di kawasan Tangerang Banten, Sabtu 10 Oktober 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

7 Cara Ampuh Mengembangkan Kebiasaan Positif untuk Raih Kesuksesan

  • Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar terus disiplin menerapkan kebiasaan-kebiasaan baru yang membantu Anda ke dalam jalan menuju kesuksesan. Selamat mencoba!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Masih ingatkah Anda mengenai kebiasaan membuat resolusi yang biasanya dilakukan saat pergantian tahun? Jika Anda termasuk dalam kelompok orang yang membuat resolusi tahun baru tersebut, apakah Anda sudah mampu mewujudkannya hingga saat ini?

Jika belum, ada baiknya jika Anda melihat kembali kebiasaan yang Anda terapkan sehari-hari. Diketahui dibutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk membentuk pola kebiasaan sederhana, seperti bangun lebih awal, berolahraga setiap pagi sebelum memulai aktivitas di hari ini, tidur tepat waktu, dan sebagainya. 

Akan tetapi, kebiasaan sederhana ini ternyata dapat berpengaruh pada kesuksesan Anda. Jika Anda ingin menjadi pribadi yang sukses dan terus bertumbuh, Anda perlu mengembangkan kebiasaan baru yang positif dan konsisten. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

7 Cara Menerapkan Kebiasaan Baru

7 cara menerapkan kebiasaan baru

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu memudahkan Anda mengembangkan kebiasaan baru.

1. Buat Keputusan

Buat keputusan dengan jelas bahwa Anda akan mulai bertindak 100% setiap saat. Misalnya, ketika Anda memutuskan untuk bangun pagi dan berolahraga setiap pagi, cobalah untuk menyetel jam alarm Anda, dan saat alarm berbunyi segeralah untuk bangun, kenakan pakaian olahraga Anda dan mulailah sesi olahraga.

2. Jangan Terbiasa Melakukan Pengecualian

Hindari membuat pengecualian pada pola kebiasaan baru apalagi saat pertama kali Anda mencobanya. Jangan membuat alasan apapun untuk melewati hal-hal yang harus Anda lakukan. Cobalah untuk terus bertahan dan disiplin melakukannya.

3. Beri Tahu Orang Lain

Cobalah untuk memberi tahu orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda sedang mempraktikkan kebiasaan tertentu. Meski orang tersebut sudah melupakan niatan Anda, percakapan tersebut ternyata dapat menjadi cambuk bagi Anda untuk terus disiplin dan bertekad untuk disiplin melakukannya.

4. Visualisasikan Diri Anda

Cobalah membayangkan diri Anda melakukan perilaku yang Anda inginkan. Semakin sering Anda memvisualisasikan diri Anda, tubuh Anda akan bertindak seolah-olah Anda sudah memiliki kebiasaan yang baru. Semakin cepat perilaku baru ini diterima oleh pikiran bawah sadar Anda, maka semakin mudah Anda melakukan kebiasaan tersebut.

5. Buat Afirmasi

Cobalah untuk mengulangi suatu kalimat penegasan kepada diri sendiri. Pengulangan ini akan secara dramatis meningkatkan kecepatan Anda untuk mengembangkan kebiasaan baru.

Misalnya, Anda bisa terus mengatakan kepada diri Anda bahwa Anda harus bangun dan segera berangkat jam enam setiap pagi. Ulangi kata-kata ini tepat sebelum Anda tidur. Nanti, hampir setiap pagi Anda akan bangun secara otomatis bahkan beberapa menit sebelum jam alarm berbunyi.

6. Cobalah untuk Bertahan

Teruslah untuk berlatih menerapkan kebiasaan baru ini sampai kebiasaan ini sudah menjadi otomatis dan mudah untuk dilakukan. Dengan terus bertahan melakukannya, Anda tidak lagi akan merasa tidak nyaman ketika menerapkan kebiasaan tersebut.

7. Beri Self Reward

Hal yang penting untuk dilakukan adalah beri diri Anda hadiah ketika berhasil mempraktikkan kebiasaan baru. Setiap kali Anda menghadiahi diri sendiri, Anda akan menegaskan kembali dan memperkuat perilaku tersebut. 

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar terus disiplin menerapkan kebiasaan-kebiasaan baru yang membantu Anda ke dalam jalan menuju kesuksesan. Selamat mencoba!