Cara Cerdas Membuat Rumah Terlihat Mewah Meski dengan Harga Murah
Rumah & Keluarga

7 Cara Cerdas Membuat Rumah Terlihat Mewah dengan Harga Murah

  • Simak beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah terasa mewah tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Rumah & Keluarga

Justina Nur Landhiani

JAKARTA- Rumah adalah tempat kita kembali usai sibuk beraktivitas seharian baik itu bekerja, kuliah, atau bersekolah. Dengan memiliki hunian yang nyaman dan tertata baik, Anda akan jadi semakin bahagia ketika di rumah tanpa harus merasakan tambahan stres akibat rumah yang tidak tertata dengan baik.

Anda bisa meningkatkan daya tarik rumah Anda dengan mempercantik desain interiornya. Hal ini akan membuat rumah Anda terlihat mewah atau mahal meski dengan anggaran terbatas.

Cara Membuat Rumah Terkesan Mewah Tanpa Mengeluarkan Banyak Uang

Cara membuat rumah tampak mewah tanpa harus keluar banyak uang

Berikut beberapa cara meningkatkan kecantikan rumah Anda agar terlihat mahal dengan anggaran yang terbatas.

1. Merapikan Isi Rumah

Jika Anda benar-benar ingin tahu cara membuat rumah terlihat mahal meski dengan biaya yang minim atau tanpa biaya sama sekali, Anda cukup merapikan barang-barang yang ada di rumah saja. Anda tidak harus menjadi minimalis, tapi tujuannya adalah membuat tempat untuk setiap barang yang ada di rumah.

Ketika Anda membeli sesuatu, tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut? Jika Anda tidak dapat membuang barang-barang yang sudah ada di rumah Anda, cari beberapa keranjang atau wadah untuk menyimpan barang tersebut.

2. Ubah Pencahayaan Rumah

Pilih lampu berwarna putih yang hangat dan lembut, karena dapat menciptakan suasana hati yang lebih menyenangkan sekaligus menambahkan lapisan kemewahan. Anda juga bisa menambahkan kap lampu untuk menyebarkan cahaya dan menciptakan suasana santai, terutama di kamar tidur atau ruang tamu. 

Jika Anda masih memiliki sedikit tambahan dalam anggaran Anda, Anda bisa memasang sakelar peredup di ruang tamu utama untuk menyesuaikan pencahayaan dan mengatur suasana hati.

3. Hiasi dengan Cermin

Kemewahan adalah tentang fokus terhadap detail dan kenyamanan. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan cermin ke dinding untuk meningkatkan tampilan mewah di rumah Anda. Cermin tidak hanya membuat interior rumah Anda jadi lebih bagus, tapi juga membantu cahaya mengalir melalui ruangan sehingga ruangan di dalam rumah jadi lebih cerah dan indah.

4. Perbarui Gelas dan Peralatan Makan

Anda bisa menambahkan peralatan makanan yang baru ke ruang makan untuk membantu membuat area tersebut tampak jadi lebih mewah. Gelas dan peralatan makan yang bergaya atau cantik bersama dengan serbet linen akan membuat acara makan jadi lebih menyenangkan. Anda juga perlu memastikan warna perabotan Anda sesuai dengan warna dan desain ruangan.

5. Pilih Bahan Alami

Jika memungkinkan untuk dilakukan, gabungkan bahan yang ditemukan di alam, seperti gunakan marmer asli daripada laminasi, atau pilih furnitur kayu solid daripada veneer. Selain itu, furnitur dengan bahan kulit dan kristal akan terasa lebih mewah daripada alternatifnya yang lebih murah.

6. Atur Ulang Furnitur

Terkadang untuk membuat rumah terasa mewah, Anda hanya cukup mendesain ulang atau mengatur ulang penataan furnitur Anda. Cobalah dengan menyingkirkan barang apapun yang sudah tidak lagi Anda butuhkan.

7. Atur Dapur Anda

Pantry atau dapur yang terorganisir akan menambahkan sentuhan kemewahan di dalam rumah. Untuk mendapatkannya, Anda harus menyingkirkan semua kekacauan yang ada di dapur. Gunakan wadah penyimpanan dan label yang jelas dan mudah dilihat untuk membuat semuanya teratur dan mudah ditemukan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah terasa mewah tanpa harus mengeluarkan banyak uang.