<p>Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>

7 Cara Dapatkan Modal Bisnis di Tengah Pandemi

  • JAKARTA – Pandemi COVID-19 membuat banyak orang mulai memikirkan upaya untuk menjaga pendapatannya, salah satunya dengan mulai membangun usaha. Kendati, tak sedikit pebisnis pemula yang bingung bagaimana cara mendapatkan modal bisnis. Apalagi ide usahanya membutuhkan modal awal yang lumayan besar. Begitupun dengan pebisnis yang tengah menjalankan usaha, seringkali bingung mendapatkan modal bisnis untuk berinovasi. Mengutip […]

Dewi Aminatuz Zuhriyah

Dewi Aminatuz Zuhriyah

Author

JAKARTA – Pandemi COVID-19 membuat banyak orang mulai memikirkan upaya untuk menjaga pendapatannya, salah satunya dengan mulai membangun usaha. Kendati, tak sedikit pebisnis pemula yang bingung bagaimana cara mendapatkan modal bisnis.

Apalagi ide usahanya membutuhkan modal awal yang lumayan besar. Begitupun dengan pebisnis yang tengah menjalankan usaha, seringkali bingung mendapatkan modal bisnis untuk berinovasi.

Mengutip laman resmi AFPI pada Rabu, 17 Februari 2021,  berikut 7 cara mendapatkan modal bisnis di tengah pandemi.

Tabungan Pribadi

Sebelum memulai bisnisnya, biasanya pelaku usaha akan membuat perencanaan dan di dalamnya ada modal. Sering kali modal bisnis awal menggunakan tabungan yang ada.

Kelebihan menggunakan tabungan pribadi sebagai modal bisnis antara lain tidak bergantung pada banyak orang, tidak perlu terlalu memikirkan utang, bebas membuat keputusan bisnis, agak santai untuk mencapai keuntungan. Namun, di sisi lain, cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Gadaikan Aset

Pelaku usaha bisa melakukan cara menggadaikan aset pribadi yang dimiliki. Nantinya akan memperoleh modal berupa uang tunai.

Dalam hal ini, yang dimaksud dengan sset pribadi bisa berupa surat tanah, emas perhiasan, emas batangan, BPKB kendaraan bermotor, barang elektronik dan barang berharga lainnya. Biasanya pinjaman yang bisa didapatkan mulai dari sejuta hingga ratusan juta dengan tenor yang variatif.

Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan program pemerintah dalam membantu usaha milik rakyat khususnya yang bergerak di usaha menengah ke bawah. Program KUR ini menggandeng bank BUMN, dengan bunga relatif rendah dan tenor yang panjang.

Pinjaman Bank

Cara yang umum dipakai oleh banyak orang dalam mendapatkan modal bisnis adalah dengan pinjaman dana ke bank. Bank menawarkan berbagai macam fasilitaskredit baik dengan jaminan maupun tanpa agunan. Untuk kredit tanpa agunan atau KTA biasanya memiliki bunga yang cukup besar.

Namun, biasanya bank mengutamakan pinjaman dana ke peminjam yang usahanya sudah berjalan. Ini karena saat meminjam di bank, persyaratan yang harus dipenuhi antara lain surat keterangan usaha, bukti keuangan usaha. Syarat ini harus dipenuhi sebagai bukti bahwa debitur sanggup untuk membayar cicilan dan memiliki usaha.

Fintech

Ini adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan modal bisnis. Melalui P2P lending atau fintech pendanaan bersama, pelaku usaha akan dimudahkan dengan persyaratan yang ringkas dan tidak ribet. Prosesnya pun semua dilakukan online.

E-Commerce

Sekarang ini e-commerce pun menawarkan pinjaman dana untuk para pebisnis. Biasanya mereka bekerja sama dengan pihak fintech pendanaan legal sebagai mitra penyedia pinjaman modal.

Venture Capital

Ini merupakan perusahaan pendanaan yang mendanai startup. Perusahaan ini bukanlah milik perorangan namun gabungan dari beberapa pihak. Mereka menggabungkan dana yang nantinya akan disalurkan ke perusahaan startup.