Awas! Malware Android Baru Ini Bisa Hack Panggilan Telepon Bank
Tekno

7 Cara Melindungi Perangkat dari Serangan Malware

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi semua perangkat Anda baik itu ponsel, komputer atau laptop dari serangan malware.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Malware adalah suatu software atau kode komputer yang mampu menyerang atau dirancang untuk menginfeksi, merusak, atau mendapatkan akses ke sistem perangkat Anda.

Saat ini sudah ada berbagai jenis malware, dan masing-masing malware mampu menginfeksi dan mengganggu perangkat dengan cara yang berbeda. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa semua jenis malware ini sama-sama dirancang untuk membahayakan keamanan dan privasi dari sistem perangkat Anda.

Beberapa jenis malware bahkan mampu menargetkan data keuangan hingga informasi sensitif lainnya. Tidak hanya itu, malware juga dimanfaatkan untuk melakukan pemerasan, penipuan hingga pencurian identitas.

Tidak hanya itu, malware ternyata bukan hanya menjadi ancaman bagi PC Windows saja, tapi termasuk Mac dan perangkat seluler lainnya juga turut serta rentan terhadap serangan malware.

Cara Kerja Malware

Cara Kerja Malware

Seperti yang ditelusuri dari laman Avast, semua jenis malware mengikuti pola dasar yang sama. Perangkat Anda langsung bisa terinfeksi tanpa Anda menyadari bahwa Anda mengunduh atau instal perangkat lunak berbahaya. 

Sebagian besar serangan malware terjadi secara tidak sengaja, ketika Anda melakukan sesuatu yang memicu malware untuk diunduh. Tindakan ini bisa berupa Anda mengklik tautan yang terinfeksi di email atau mengunjungi situs web yang berbahaya.

Dalam kasus lain, peretas bisa menyebarkan malware melalui layanan berbagi file peer-to-peer dan bundel unduhan software gratis. Penjahat juga ada yang menyematkan kode komputer berbahaya dalam torrent atau unduhan populer untuk menyebarkan malware ke pengguna yang lebih banyak. Bahkan, perangkat seluler juga dapat terinfeksi melalui pesan teks.

Cara Melindungi Perangkat dari Serangan Malware

Cara Melindungi Perangkat dari Serangan Malware

Meskipun ada banyak sekali jenis malware di luar sana Anda tetap memiliki cara untuk melindungi diri Anda dari malware. Simak beberapa tips berikut ini.

1. Melakukan Pembaruan Sistem atau Aplikasi

Anda bisa melindungi perangkat dengan cara selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi yang digunakan. Penjahat dunia maya biasanya mencari perangkat lunak lama atau usang karena lebih rentan. Oleh karena itu, pastikan Anda menginstal pembaruan segera setelah tersedia.

2. Hindari Klik Link Sembarangan

Jangan pernah mengklik link di popup. Cukup tutup pesan dengan mengklik tanda "X" di pojok atas dan keluar dari situs yang membuatnya.

3. Hindari Menggunakan Banyak Aplikasi di Perangkat

Batasi jumlah aplikasi di perangkat Anda. Instal hanya aplikasi yang menurut Anda perlu dan akan digunakan secara teratur. Jika Anda tidak lagi menggunakan aplikasi tersebut, maka segeralah untuk uninstall. 

4. Pastikan Hanya Anda yang Mengakses Ponsel atau Perangkat Anda

Jangan meminjamkan ponsel Anda atau meninggalkan perangkat Anda tanpa pengawasan karena alasan apa pun, dan pastikan untuk memeriksa pengaturan dan aplikasinya. Jika pengaturan default Anda telah berubah, atau aplikasi baru muncul secara misterius, itu mungkin merupakan tanda bahwa spyware telah diinstal.

5. Hati-hati Saat Sedang Online 

Hindari mengklik tautan yang tidak dikenal. Apakah itu datang melalui email, situs jejaring sosial atau pesan teks, jika tautan tampak asing, segera hindari. Anda juga perlu untuk selalu selektif mengenai situs apa yang akan Anda kunjungi.

Tidak hanya itu, Anda perlu waspada ketika ada email yang meminta informasi pribadi dan jika seolah-olah emailnya berasal dari pihak yang resmi. 

6. Hati-hati Saat Mengunduh atau Membeli Software

Pastikan Anda hanya membeli perangkat lunak atau aplikasi keamanan dari perusahaan terkemuka melalui situs web resmi mereka atau di toko eceran.

Anda juga perlu untuk menggunakan aplikasi dari toko aplikasi resmi saja. Sementara spyware dapat ditemukan di toko aplikasi resmi, mereka berkembang pesat di toko pihak ketiga yang mempromosikan aplikasi tidak resmi

7. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Jika Anda khawatir perangkat Anda mungkin terinfeksi, lakukan pemindaian atau scan menggunakan perangkat lunak keamanan yang telah Anda instal di perangkat Anda. Anda juga perlu memeriksa rekening bank dan laporan kredit Anda secara teratur.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi semua perangkat Anda baik itu ponsel, komputer atau laptop dari serangan malware.