Uang
Gaya Hidup

7 Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Menghadapi Kejadian Tidak Terduga, Bantu Cegah Jatuh Miskin!

  • Inilah beberapa cara mempersiapkan keuangan untuk menghadapi kejadian tidak terduga.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kejadian atau peristiwa yang tidak terduga adalah bagian dari kehidupan. Tidak dipungkiri, hal itu bisa saja terjadi meski Anda sudah melakukan berbagai rencana untuk mencegahnya.

Namun, Anda tetap bisa mempersiapkan keuangan Anda untuk menghadapi perubahan hidup yang tidak terduga tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Menghadapi Perubahan Hidup yang Tidak Terduga

Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Menghadapi Perubahan Hidup yang Tidak Terduga

1. Ketahui status keuangan saat ini

Cara mempersiapkan keuangan menghadapi kejadian tidak terduga: ketahui status keuangan saat ini

Sebelum Anda melakukan perencanaan keuangan, sebaiknya Anda perlu mengetahui dan mengevaluasi status keuangan saat ini. Hal itu termasuk mencari tahu apa yang perlu Anda lakukan untuk mengatur keuangan dengan lebih baik.

2. Membangun dana darurat

Cara mempersiapkan keuangan menghadapi kejadian tidak terduga: membangun dana darurat

Cara penting lainnya untuk mempersiapkan diri menghadapi peristiwa tidak terduga dalam hidup adalah dengan mempersiapkan dana darurat. Dana darurat akan membantu Anda mengatasi dampak finansial dari berbagai kejadian tidak terduga.

Dana darurat Anda harus berisi antara 2 sampai 12 bulan biaya hidup Anda. Tentu saja jumlah dana darurat itu disesuaikan pada kondisi Anda, apakah Anda masih lajang, menikah, memiliki dua penghasilan, atau hanya memiliki satu sumber penghasilan saja.

3. Tetapkan tujuan keuangan yang jelas

Cara mempersiapkan keuangan menghadapi kejadian tidak terduga: tetapkan tujuan keuangan yang jelas

Cara yang bagus untuk mengurangi rasa takut akibat ketidakpastian di masa depan adalah dengan memiliki dan membuat rencana. Jika Anda belum memiliki rencana keuangan, cobalah untuk membuat rencana tersebut baik untuk diri sendiri atau dengan pasangan Anda jika Anda sudah menikah.

Penting juga untuk memiliki tujuan keuangan yang solid seperti memiliki anggaran, investasi, rencana pensiun, atau melunasi utang. Pastikan rencana keuangan Anda memiliki tujuan yang jelas dan disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda saat ini.

4. Buat dan patuhi anggaran

Cara mempersiapkan keuangan menghadapi kejadian tidak terduga: buat dan patuhi anggaran

Untuk mempersiapkan keuangan menghadapi hal-hal yang tidak terduga, penting untuk membuat anggaran dan mematuhinya. Anggaran bisa menjadi jaring pengaman dan panduan yang bagus untuk mengatur uang Anda.

5. Menabung untuk pensiun

Cara mempersiapkan keuangan menghadapi kejadian tidak terduga: menabung untuk pensiun

Menabung untuk masa pensiun adalah salah satu hal yang direkomendasikan saat Anda mempersiapkan keadaan darurat yang tidak terduga. Hal ini karena terkadang pensiun bukan menjadi pilihan Anda. 

Anda tentu pernah melihat ada orang yang berusia akhir lima puluhan atau awal enam puluhan yang kehilangan pekerjaan dan tidak dapat menemukan pekerjaan lain. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai menabung sejak sekarang dan sesuaikan dengan anggaran Anda.

6. Kelola arus kas pensiun

Cara mempersiapkan keuangan menghadapi kejadian tidak terduga: kelola arus kas pensiun

Tidak hanya saat ini, perubahan hidup yang tidak terduga juga bisa terjadi saat masa pensiun. Bisa jadi, ketika Anda pensiun nanti akan terjadi resesi, perubahan pasar saham, dan keadaan darurat keuangan tidak terduga lainnya.

Anda perlu menerima fakta tersebut dan bersiap-siap menghadapinya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk merencanakan arus kas pensiun.

Anda juga bisa mulai mengelola portofolio investasi, karena akan membantu Anda menyeimbangkan nilai uang yang mungkin akan terdampak inflasi. 

7. Dokumen perencanaan

Cara mempersiapkan keuangan menghadapi kejadian tidak terduga: dokumen perencanaan

Terlepas dari berapa atau ukuran harta Anda, adanya rencana memudahkan Anda untuk membuat keputusan penting mengenai masa depan dan memberikan panduan yang terdokumentasi kepada orang yang Anda cintai saat Anda meninggal. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen penting seperti penerima manfaat harta dan surat wasiat.

Anda harus memiliki barang-barang ini, terlepas dari usia atau berapa kekayaan Anda. Selain itu, pastikan keluarga terdekat Anda tahu di mana dokumen itu berada. Hal ini akan sangat membantu ahli waris Anda untuk menjalani masa-masa yang sulit.

Itu tadi beberapa cara mempersiapkan keuangan untuk menghadapi kejadian tidak terduga.