7 Cara Mengatasi iPhone yang Tidak Dapat Mengisi Daya
Tekno

7 Cara Mengatasi iPhone yang Tidak Dapat Mengisi Daya

  • Inilah beberapa cara mengatasi iPhone yang tidak bisa mengisi daya. Selamat mencoba.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Salah satu masalah yang dialami oleh pengguna iPhone, dan menjadi hal yang paling meresahkan adalah ketika ponsel tidak mampu mengisi daya. Jika Anda juga mengalaminya, jangan panik terlebih dahulu.

Ada beberapa alasan mengapa iPhone Anda tidak mengisi daya. Berikut penjelasan mengenai cara mengatasinya.

Cara Mengatasi iPhone yang Tidak Dapat Mengisi Daya

Cara Mengatasi iPhone yang Tidak Dapat Mengisi Daya

1. Matikan iPhone Lalu Hidupkan Kembali

Setiap kali Anda ingin menyelesaikan masalah yang terjadi di iPhone Anda, ada baiknya jika dimulai dengan memulai ulang sistem dan melihat apakah hal itu mampu memperbaiki masalah. Oleh karena itu, jika ponsel masih memiliki masa pakai baterai yang cukup baik, cukup restart ulang ponsel lalu coba charge lagi.

Namun, jika baterai ponsel Anda sangat lemak bahkan di bawah 5% atau sudah mati, langkah ini mungkin tidak akan berhasil Anda lakukan.

2. Pastikan Ponsel Tidak Sedang Di-charge

Anda juga perlu mematikan ponsel Anda tidak sedang mengisi daya. Hubungkan iPhone Anda seperti biasa, lalu periksa layar ponsel. Jika baterai sudah mati, biarkan ponsel mengisi daya selama sekitar dua jam, lalu periksa ulang.

3. Coba Hindari Mengisi Daya Secara Nirkabel

Jika Anda menggunakan iPhone X atau versi lebih baru yang mendukung pengisian daya nirkabel, cobalah untuk tidak menggunakannya dan beralih ke kabel Lightning seperti biasa.

4. Periksa Port Lightning iPhone

Jika Ponsel tidak mampu mengisi daya seperti biasanya, Anda perlu memeriksa port Lightning. Bisa jadi, port Lightning sudah kotor karena penuh dengan debu, kotoran, dan serat.

5. Periksa Kabel Charger

Jika Anda memiliki iPhone yang lama, mungkin kabel charger bisa putus atau terurai. Jika kabel Anda sudah dalam kondisi seperti itu dan tidak mampu mengisi daya iPhone dengan benar, segeralah buang kabel tersebut dan belilah kabel yang baru.

6. Atur Ulang dan Pulihkan iPhone

Saat Anda mengalami masalah pada iPhone, terkadang opsi factory reset bisa membantu. Opsi ini akan mengembalikan ponsel ke pengaturan default dan semoga bisa mengatasi masalah apapun yang sedang terjadi.

7. Servis iPhone

Jika tidak ada satupun dari langkah-langkah di atas yang membuat iPhone Anda mengisi daya seperti semula, kemungkinan besar ada masalah pada iPhone Anda. Sebaiknya Anda segera menghubungi Apple atau pergi ke Apple Store untuk servis.

Itu tadi beberapa cara mengatasi iPhone yang tidak bisa mengisi daya. Selamat mencoba.