7 Cara Menjaga Keamanan dari Risiko Bermain Game Online
Tekno

7 Cara Menjaga Keamanan dari Risiko Saat Bermain Game Online

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap aman ketika bermain game online.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak dipungkiri bermain game adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati apalagi ketika Anda bermain game online.

Hal ini karena bermain game online dapat menimbulkan beberapa risiko yang harus diwaspadai, seperti malware, virus, pencurian identitas, doxing, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan tindakan keamanan terlebih dahulu untuk mencegah Anda terkena risiko tersebut. Berikut penjelasannya.

Cara Mencegah Terkena Risiko Bermain Game Online

Cara Mencegah Terkena Risiko Bermain Game Online

Ketika bermain game online, pastikan Anda tidak pernah memberikan informasi pengenal dalam nama pengguna game Anda, seperti nama asli, tanggal lahir, atau lokasi Anda. Anda juga perlu menghindari membagikan detail pribadi di forum game. Selain itu, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah pencegahan seperti berikut.

1. Gunakan Password yang Kuat

Salah satu cara paling sederhana untuk menjaga keamanan diri Anda adalah dengan menggunakan password yang kuat. Password yang kuat terdiri dari setidaknya 12 karakter (idealnya lebih) dan merupakan campuran huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. 

Kombinasi karakter dalam password ini perlu dilakukan untuk menghindari seseorang yang menebak password Anda. Oleh karena itu, hindari menggunakan password yang mudah ditebak seperti menggunakan nomor urut (“1234”) atau informasi pribadi yang mungkin ditebak oleh seseorang yang mengenal Anda, seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaan Anda. 

2. Siapkan Multifactor Authentication

Jika game atau distributor menawarkan autentikasi dua atau multifaktor, jangan lupa untuk segera mengaktifkannya. Adanya multifactor authentication ini akan menambahkan lapisan keamanan ketika proses masuk, seperti mengirim kode ke nomor telepon atau alamat email Anda. Otentikasi dua atau multi-faktor juga akan memberikan keamanan tambahan ke akun game Anda.

3. Hanya Download Game dari Sumber yang Valid atau Terpercaya

Jaga keamanan komputer dan diri Anda sendiri dengan menghindari mengunduh game dari sumber ilegal. Baik itu game, add-on pihak ketiga, atau kode cheat, mengunduh dari sumber tidak resmi atau bajakan berisiko memasukkan virus atau malware game ke komputer atau perangkat Anda. Tetap berpegang pada situs unduhan terkemuka untuk memaksimalkan keamanan Anda saat bermain game.

4. Waspadai Ketika Muncul Biaya Tersembunyi

Baca syarat dan ketentuan produsen atau perusahaan hosting untuk memastikan Anda memahami biaya tersembunyi saat ini atau di masa mendatang. Anda juga perlu waspada jika ada potensi penipuan saat membeli atau menjual 'properti' yang ada di dalam game komputer.

5. Perbarui Software atau Perangkat Lunak

Pastikan Anda selalu memperbarui perangkat dan software yang digunakan untuk bermain game. Memperbarui software versi terbaru akan memastikan bahwa Anda mendapat manfaat dari tambahan keamanan terbaru untuk mengatasi kerentanan dunia maya.

6. Waspada Terhadap Email Phishing

Berhati-hatilah dengan email yang mengklaim bahwa Anda harus segera mengklik, menelepon, atau membuka lampiran email. Aturan utamanya adalah menghindari mengklik tautan apa pun, membuka lampiran apa pun, atau menanggapi email apa pun yang Anda rasa tidak yakin.

7. Buang Perangkat Game Bekas Anda dengan Aman

Ketika saatnya tiba untuk membuang perangkat game Anda baik dengan menjualnya, membuangnya, atau memberikannya kepada orang lain, pastikan informasi pribadi Anda telah dihapus terlebih dahulu. Cara melakukannya berbeda-beda di setiap perangkat, tetapi dari sudut pandang privasi, penting untuk menghapus detail akun Anda dan mencadangkan atau mentransfer game Anda ke perangkat baru jika perlu.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap aman ketika bermain game online.