Desa Wae Rebo (indonesia.travel)
Destinasi & Kuliner

7 Destinasi Wisata Ini Pas Untuk Solo Traveling

  • Ada banyak pilihan destinasi wisata yang cocok untuk dijadikan tujuan “melarikan diri” selama beberapa hari.
Destinasi & Kuliner
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Solo traveling adalah aktivitas berlibur ke suatu tempat tanpa didampingi oleh orang lain. Biasanya, ini dilakukan oleh individu yang ingin self healing atau hanya ingin menyegarkan pikiran. Buat kalian yang bingung ingin self healing, kalian tak perlu khawatir. 

Tidak perlu khawatir, karena ada banyak pilihan destinasi wisata yang cocok untuk dijadikan tujuan “melarikan diri” selama beberapa hari. Berikut ini adalah 7 destinasi wisata solo traveling yang dapat kalian kunjungi.

Kintamani, Bali

Gunung Batur (indonesia.travel)

Kintamani adalah destinasi di Bali yang wajib dikunjungi. Letaknya di daerah pegunungan, lebih tepatnya di Kabupaten Bangli. Di sini, kalian dapat menikmati keindahan panorama gunung berapi, danau, serta kekayaan budaya lokal yang memukau.

Adanya suasana alam serta pemukiman khas Bali yang menenangkan membuat kegiatan liburan di Kintamani terasa lebih seru.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat solo traveling di Kintamani. Salah satunya adalah memulai hari dengan menikmati pemandangan matahari dari puncak Gunung Batur. Kemudian, kalian bisa melanjutkan petualangan dengan mengunjungi Danau Batur.

Saat siang tiba, kalian bisa menikmati kuliner local di sana. Kalian bisa mencoba Mujair Nyat Nyat yang diolah dari hasil budidaya ikan mujair di Danau Batur dengan nasi hangat. Wah, mantap betul, bukan?

Setelah kulineran kalian bisa menyewa perahu untuk menjelajah tiap sudut danau. Kalian juga bisa mampir di Pura Ulun Danu yang terkenal akan pemandangan eksotisnya dan terletak di tepi Danau Batur.

Sore tiba kalian bisa menikmati panorama seja di pinggir jalan raya Penelokan.

Tawangmangu, Jawa Tengah

Air Terjun Grojogan Sewu (traveloka)

Tidak hanya menikmati keindahan pemandangan sawah dan udara segar di sekitar Gunung Lawu, di Tawangmangu kalian bisa memiliki kesempatan untuk healing dengan mengunjungi Rumah Atsiri.

Rumah Atsiri dipenuhi dengan berbagai jenis bunga yang indah berwarna-warni. Selain menikmati kecantikan bunga-bunga tersebut, kalian bisa mengunjungi museum essential oil untuk mempelajari sejarah minyak atsiri yang merupakan produk ekonomi kreatif khas Tawangmangu. Bahkan, kalian dapat mencoba membuat berbagai produk perawatan tubuh alami sendiri di sini!

Labuan Bajo, NTT

Desa Wae Rebo (indonesia.travel)

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, adalah salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) yang menawarkan pengalaman solo traveling yang seru. Salah satu destinasi menarik yang patut dikunjungi adalah Desa Adat Wae Rebo. Meskipun memerlukan perjalanan trekking selama 3-4 jam dari Desa Denge, keindahan alam dan kelestarian budaya di Desa Wae Rebo tidak akan mengecewakan.

Di sini, kalian dapat hidup berdampingan dengan masyarakat setempat, bahkan memiliki kesempatan untuk menginap di salah satu dari tujuh rumah tradisional Mbaru Niang. Selain menikmati panorama yang memesona, pengunjung dapat belajar tentang proses menenun dan menyaksikan pertunjukan budaya adat yang dijaga dengan baik.

Tidak sampai di situ, Labuan Bajo juga menawarkan spot untuk menikmati senja di Bukit Cinta, Puncak Amelia, dan Puncak Silvia.

Pulau Kolorai, Maluku Utara

Pantai Kolorai Maluku Utara (wikimedia.org)

Dengan keindahan alam yang luar biasa, tak heran jika Pulau Kolorai di Maluku Utara menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat diminati untuk solo traveling. Selain menawarkan pemandangan gunung yang megah, Pulau Kolorai menawarkan kegiatan healing sambil snorkeling menjelajahi keindahan bawah laut yang khas dari Kepulauan Maluku.

Selain menikmati kecantikan terumbu karang dan berbagai macam ikan hias, kalian juga memiliki kesempatan untuk menemukan sisa-sisa sejarah Perang Dunia 2 yang terdapat di pulau tersebut. Untuk pengalaman yang lebih menarik, cobalah berenang dengan kawanan hiu sirip hitam di Mitita Shark Point.

Desa Wisata Pulau Kolorai juga dikenal sebagai kampung warna-warni, kalian juga bisa menginap di salah satu rumah warga yang dijadikan homestay, lho. Menikmati keindahan tak cukup juka tak menikmati kuliner khasnya, kalian dapat mencicipi seafood ala Pulau Kolorai.

Desa Wisata Rejowinangun, Yogyakarta

Aneka Jamu di Desa Wisata Rejowinangun, Yogyakarta (indonesia.travel)

Rejowinangun merupakan salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Kotagede, Yogyakarta, yang dikenal sebagai salah satu destinasi kampung wisata cukup terkenal.

Kampung wisata yang terkenal dengan klasternya ini pernah meraih juara 2 dalam Festival Kampung Wisata 2018 dan pernah menjadi juara 2 tingkat nasional sebagai kampung percontohan, menjadi satu-satunya kampung yang mempunyai klaster.

Di tempat ini kalian bisa mengenal budaya dan tradisi membuat jamu yang sudah dilakukan turun-temurun oleh masyarakat setempat.

Rejowinangun terdiri dari 13 RW yang terorganisir dalam 5 yaitu, RW 1-5 klaster budaya, RW 6-7 klaster kerajinan, RW 8-9 klaster herbal, RW 10 klaster kuliner, dan RW 11-13 klaster agro. Setiap klaster menawarkan beragam kegiatan dan produk unggulan yang membanggakan.

Ya, kalian bisa memulai untuk mencicipi jamu hingga menjelajah seni budaya dan lainnya.

Kota Lama, Semarang

Marba (pariwisata.semarangkota.go.id)

Wisata di Kota Lama Semarang bisa menjadi pilihan destinasi wisata di ibu kota Jawa Tengah. Kota Lama merupakan kawasan cagar budaya yang terdapat gedung-gedung tua dan bersejarah peninggalan Hindia Belanda yang berusia ratusan tahun.

Kota yang kerap disebut sebagai Little Netherland ini menawarkan tempat menarik yang dapat kalian kunjungi, seperti misalnya Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung Bank Mandiri Mpu Tantular, Rumah Akar samping Gedung Jiwasraya, Gedung Oudetrap, Semarang Art Gallery, De Spiegel, Marba, dan masih banyak lagi lainnya.

Karimunjawa, Kabupaten Jepara

Karimunjawa (kemlu.go.id)

Karimunjawa yang dijuluki The Paradise of Java adalah destinasi wisata yang terkenal dengan keindahannya. Tempat ini terdiri dari sederet pulau yang mempesona, termasuk wisata bukit, wisata bawah laut, pantai, dan hutan mangrove.

Itu dia beberapa destinasi wisata yang dapat kalian jadikan tujuan solo traveling kalian. Selamat berlibur dan menikmati waktu sendiri!