Mekah (risalahtour)
Dunia

7 Fakta Menarik Tentang Mekah

  • Perlu Anda ketahui, Mekah di Arab Saudi adalah kota tersuci dalam agama Islam. Ini adalah rumah bagi masjid terbesar di dunia, ruang salat tertinggi di dunia dan merupakan tempat berkumpulnya umat manusia terbesar di dunia.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Perlu Anda ketahui, Mekah di Arab Saudi adalah kota tersuci dalam agama Islam. Ini adalah rumah bagi masjid terbesar di dunia, ruang salat tertinggi di dunia dan merupakan tempat berkumpulnya umat manusia terbesar di dunia.

Dengan begitu banyak hal menakjubkan yang perlu diketahui tentang kota yang menakjubkan ini, berikut adalah beberapa fakta paling menarik tentang Mekah di Arab Saudi.

Jika Anda akan merencanakan perjalanan ke Mekah, atau sekadar penasaran dengan negara tersebut, berikut adalah 7 fakta menarik yang dilansir melalui enjoytravel, pada Rabu, 10 Januari 2024.

Mekah Adalah Sebuah Kota di Arab Saudi

Mekah atau dalam bahasa Arab Makkah adalah sebuah kota di bagian barat Arab Saudi. Itu terletak di Pegunungan Sarawat (Sarat), yang membentang sejajar dengan pantai timur Laut Merah. Ini adalah ibu kota Wilayah Makkah. Pada tahun 2023, populasi Mekah adalah sekitar 2.150.000.

Mekah, Kota Tersuci dalam Agama Islam

Umat Islam percaya bahwa Mekah pertama kali dihuni oleh keturunan Ismail (putra pertama Abraham). Muhammad, pendiri Islam dan penyebar Al-Qur’an, lahir di Mekah pada tahun 570. Karena Mekah adalah kota Islam, hukum yang ketat diberlakukan dan pemerintah Arab Saudi melarang semua non-Muslim memasuki kota suci Mekah.

Rumah Bagi Masjid Terbesar di Dunia

Al-Masjid al-Haram (Masjid Suci), juga dikenal sebagai Masjid Agung Mekkah, adalah masjid terbesar di dunia. Al-Masjid al-Haram memiliki sembilan menara dan konstruksi masjid dimulai pada masa pemerintahan Khalifah Umar Ibn al-Khattab (634-644).

Masjid ini dibangun mengelilingi Kaaba (Ka’bah atau Kabah). Tempat suci ini sudah ada sebelum Islam dan umat Islam percaya bahwa tempat itu dibangun oleh nabi Ibrahim dan putranya Ismail sebagai tempat ibadah.

Rumah Bagi Ka'bah yang Suci

Ka'bah terletak di dekat pusat Masjid Agung. Umat Islam menghadap ke arah Ka’bah saat salat. Struktur berbentuk kubus dibangun dari batu abu-abu dan marmer. Itu diposisikan sedemikian rupa sehingga keempat sudutnya kira-kira sesuai dengan titik-titik kompas.

Di dalam, ada tiga pilar yang menopang atap dan lentera perak dan emas yang tergantung di langit-langit. Hampir sepanjang tahun, kain hitam besar yang disebut kiswah menutupi Ka'bah.

Pertemuan Manusia Terbesar di Dunia

Semua Muslim yang taat dan mampu harus mencoba Haji (ziarah) ke Ka’bah, ‘Rumah Allah’ setidaknya sekali dalam hidup mereka. Ibadah Haji tahunan yang dilakukan ke kota Mekah adalah pertemuan umat manusia terbesar di dunia.

Jumlah rata-rata peserta adalah 2.269.145 per tahun, dengan pertemuan terbesar, 3.161.573 jamaah, berlangsung pada tahun 2012.

Batu Hitam Mekah Dulunya Berwarna Putih

Batu Hitam Mekah terletak di sudut timur Ka’bah. Menurut tradisi Muslim, Adam menerima batu itu saat dia jatuh dari surga. Selama Haji (ziarah), umat Islam mencoba menyentuh batu dan menciumnya.

Tradisi menyatakan bahwa Batu Hitam awalnya berwarna putih namun menjadi hitam karena menyerap dosa para peziarah yang telah mencium dan menyentuhnya.

Ruang Salat Tertinggi di Dunia Ada di Mekah

Anda akan menemukan musala (ruang salat) tertinggi di dunia di Hotel Mecca Clock Royal Tower. Letaknya 600 meter di atas permukaan laut dan berada di dalam jam terbesar di dunia. Ini juga merupakan ruang salat terdekat dengan Ka’bah, yang terletak hanya ekitar 500 meter.