Sokola Rimba.
Gaya Hidup

7 Film Bertema Pendidikan, Seru dan Inspiratif!

  • Tak hanya guru maupun pendidik, publik juga dapat merayakan Hari Pendidikan Nasional dengan menyenangkan, salah satunya dengan menyimak film.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Pendidikan adalah nyawa dari sebuah peradaban bangsa. Tanpa pendidikan, mustahil muncul perkembangan keilmuan hingga kebijaksanaan di banyak aspek kehidupan. Pemerintah pun menetapkan 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional untuk menghormati jasa para pendidik yang telah mencerdaskan bangsa. 

Tak hanya guru maupun pendidik, publik juga dapat merayakan Hari Pendidikan Nasional dengan menyenangkan, salah satunya dengan menyimak film. Ada sejumlah film dalam dan luar negeri bertema pendidikan yang bakal menginspirasi Anda untuk terus belajar sepanjang hayat. Simak ulasannnya berikut ini.  

Sokola Rimba (2013)

Sokola Rimba merupakan film yang mengangkat kisah Butet Manurung (Prisia Nasution), guru lembaga konservasi di wilayah pedalaman Jambi. Dalam cerita, Butet bertemu dengan sejumlah anak pedalaman Hilir Sungai Makekal, salah satunya Nyungsang Bungo. Bungo yang telah lama mengamati Butet ketika mengajar tertarik untuk bergabung. Namun dia mendapat kendala larangan dari sukunya. 

Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Tjokroaminoto dikenal sebagai guru bangsa karena merupakan pendidik dari nama-nama besar seperti Soekarno, Semaoen, Musso, Alimin hingga Kartosoewirjo. Film Guru Bangsa:Tjokroaminoto berkisah tentang perjuangannya dalam mengkritik pemerintah Hindia Belanda. Tjokroaminoto kemudian mendirikan Sarekat Islam dan semakin mengajarkan banyak hal pada muridnya. 

Dead Poets Society (1989)

Dead Poets Society merupakan salah satu film bertema pendidikan yang ikonik. Meski diproduksi tahun 1989, nilai-nilai di film yang dibintangi Robin Williams itu masih relven hingga kini. Film itu berkisah tentang guru bernama John Keating yang punya teknik mengajar tak biasa. Pola ini disukai muridnya, tapi dikecam pihak sekolah hingga orangtua. 

Film ini memboyong banyak penghargaan seperti Oscar untuk sejumlah kategori. Film yang wajib tonton untuk para pendidik di setiap generasi.  

Dead Poets Society

Negeri 5 Menara (2012)

Film Negeri 5 Menara diangkat dari novel populer karya Ahmad Fuadi. Kisahnya dimulai dari kehidupan baru Alif (Gazza Zubizareta) di Pondok Madani di Ponorogo, Jawa Timur. Alif awalnya kerap bersedih karena diminta orang tuanya sekolah di pesantren. 

Namun ia kemudian mulai menemukan keseruan setelah bertemu dengan teman-teman barunya. Film ini kian mempopulerkan ujaran 'Man Jadda Wajada' yang berarti 'Siapa bersungguh-sungguh pasti akan berhasil'.

Laskar Pelangi (2008)

Sama halnya Negeri 5 Menara, Laskar Pelangi juga diangkat dari novel populer dengan judul yang sama karya Andrea Hirata. Film ini berkisah tentang kehidupan 10 anak di SD Muhammadiyah di Belitung Timur, Bangka Belitung yang dikenal sebagai Laskar Pelangi.

Masing-masing anak punya sendiri. Seorang anak bernama Lintang harus menempuh puluhan kilometer untuk bisa bersekolah. Ferdian merupakan anak yang cerdas dan berkemauan kuat untuk belajar.

Teacher's Diary (2014)

Thailand juga memiliki film bertema pendidikan yang layak jadi pilihan. Namanya Teacher’s Diary. Film yang dirilis 2014 ini berkisah tentang perjuangan dua guru yang mengajar di daerah terpencil. Mereka sehari-hari mendidik anak-anak nelayan yang sudah lama tidak tersentuh pendidikan. Tak hanya inspiratif, film ini dibubuhi aksi kocak yang menghibur.

Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Potret pendidikan di pedalaman Papua diangkat dalam dengan ciamik dalam Denias, Senandung di Atas Awan. Film ini adalah kisah nyata Janias, bocah Papua yang berjuang untuk terus mendapatkan pendidikan layak.

Danias banyak dibantu oleh Pak Guru (Mathias Muchus) di sekolahnya. Yang menarik, Denias tak hanya menginspirasi, tapi juga menyuguhkan keindahan alam Papua.