Cara Login WhatsApp Web di Ponsel Android dan iPhone Tanpa Install Aplikasinya
Tekno

7 Fitur WhatsApp Ini Bantu Lindungi Percakapan Pribadi dan Rahasia Anda

  • Simak beberapa fitur keamanan di WhatsApp yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga keamanan dan informasi pribadi Anda.

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - WhatsApp adalah aplikasi perpesanan populer yang memiliki banyak pengguna di berbagai negara di dunia. WhatsApp juga selalu berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman dan pribadi bagi individu untuk terhubung dengan orang lain.

Komitmen WhatsApp terletak pada pengembangan fitur yang memprioritaskan privasi, memungkinkan pengguna untuk secara proaktif mengelola keamanan dan kerahasiaan mereka.

Pengguna juga bisa memanfaatkan enkripsi end-to-end sebagai langkah mendasar untuk menjamin keamanan panggilan dan pesan. Tidak hanya itu, WhatsApp juga terus berkomitmen untuk meningkatkan perlindungan privasi. 

Fitur WhatsApp untuk Melindungi Percakapan Pribadi Anda

Berikut beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk melindungi percakapan pribadi dan rahasia Anda.

1. Privacy Settings

Pengaturan ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa saja yang melihat detail informasi pengguna, seperti foto profil, last seen, status online, about, status, dan siapa saja yang bisa melihat Anda, apakah semua orang, hanya kontak, pilih kontak, atau tidak dengan siapapun. Anda juga dapat mengontrol kehadiran online Anda dengan memilih siapa yang dapat dan tidak dapat melihat Anda ketika sedang online.

2. Group Privacy Settings

Pengaturan privasi WhatsApp dan sistem undangan grup memungkinkan pengguna memutuskan siapa saja yang dapat menambahkan pengguna ke grup. Jika Anda berada di dalam obrolan grup yang bukan untuk Anda, Anda dapat memilih untuk keluar dari grup secara pribadi tanpa harus memberitahu semua orang.

3. Silence Unknown Callers

Fitur ini memungkinkan pengguna memiliki kendali lebih atas panggilan yang masuk. Fitur ini juga akan membantu menyaring spam, penipuan, atau panggilan dari orang tidak dikenal secara otomatis. Panggilan tidak dikenal ini tidak akan berdering di ponsel Anda tetapi akan terlihat di daftar panggilan, jika suatu saat Anda mengetahui bahwa orang tersebut penting.

4. Blokir dan Melaporkan Akun yang Mencurigakan

WhatsApp menyediakan solusi yang sederhana bagi pengguna untuk memblokir dan melaporkan akun yang mengganggu ke WhatsApp. Kontak atau nomor yang diblokir tidak dapat lagi menghubungi Anda atau mengirimi Anda pesan.

5. Chat Lock

Fitur cha lock berguna untuk melindungi percakapan pribadi dengan kata sandi atau password. Setelah diamankan, obrolan tersebut kemudian disimpan dalam folder terpisah dan ketika seseorang mengirim pesan kepada Anda, chat tersebut langsung terkunci sehingga tidak ada yang melihat pesan-pesan itu bahkan ketika seseorang memegang ponsel Anda.

6. Fitur Disappearing Messages dan View Once 

Untuk menambahkan privasi pada percakapan Anda, Anda dapat mengaktifkan Disappearing Messages. Fitur View Once juga akan memudahkan Anda untuk berbagi foto atau media yang tidak memerlukan rekaman digital permanen, atau bahkan pemblokiran tangkapan layar untuk View Once sehingga hanya Anda yang memiliki kendali atas pesan yang Anda kirim.

7. Privacy Checkup

Fitur ini akan memandu Anda melalui pengaturan privasi penting untuk membantu Anda memilih tingkat keamanan yang tepat. Setelah memulai pemeriksaan di pengaturan Privacy, opsi ini akan mengarahkan Anda melalui beberapa lapisan privasi yang dapat memperkuat keamanan informasi pribadi, keamanan pesan dan panggilan di WhatsApp Anda.

Itu tadi beberapa fitur keamanan di WhatsApp yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga keamanan dan informasi pribadi Anda.