Tembok Besar China (britannica)
Dunia

7 Hal Yang Membuat China Terkenal

  • Dari makanannya hingga pemandangan alamnya yang menakjubkan dan sejarah kunonya yang kaya, ada banyak hal yang disukai tentang China.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Dari makanannya hingga pemandangan alamnya yang menakjubkan dan sejarah kunonya yang kaya, ada banyak hal yang disukai tentang China. China tidak hanya menjadi rumah bagi beberapa keajaiban arsitektur paling dicintai di dunia, tetapi juga membanggakan salah satu budaya paling menarik dan kuno di dunia.

Untuk negara yang sangat beragam, sulit untuk menentukan apa yang paling dikenal darinya. Hal itu bisa dari makanan yang menggugah selera hingga bentuk seni berusia ribuan tahun. Dilansir dari enjoytravel, pada Rabu, 10 Januari 2024, berikut adalah beberapa hal yang terkenal di China.

Tembok Besar China

Salah satu landmark paling ikonik di dunia, Tembok Besar, tentu saja merupakan simbol nasional China dan sumber kebanggaan yang besar. Rumah bagi sejarah yang membentang lebih dari dua ribu tahun, legenda yang tak terhitung jumlahnya, dan peninggalan misterius, tempat ini pasti mendapatkan ketenarannya.

Taman Hutan Nasional Zhangjiajie

Terletak di jantung provinsi Hunan, China, Taman Hutan Nasional Zhangjiajie adalah salah satu keajaiban alam paling menakjubkan di negara ini.

The rock hew forest terkenal dengan pemandangan dunia lainnyanya yang mencakup menara batu setinggi langit yang dikelilingi oleh hutan lebat. Pemandangannya sangat unik, sehingga James Cameron mendapat inspirasi darinya untuk membuat film Avatar.

Situs Kuno

Dari Kota Terlarang Beijing dan Istana Kekaisaran hingga Makam Kekaisaran Utara di Shenyang, China penuh dengan situs-situs kuno yang akan membuat Anda terkesima.

Sejarahnya yang panjang dan mendominasi telah meminjamkannya sejumlah besar situs bersejarah yang luar biasa, banyak di antaranya ditetapkan oleh UNESCO.

Yang lebih menarik lagi, beberapa masih ditemukan! Bagaimanapun, Tentara Terracotta yang terkenal di dunia ditemukan secara kebetulan pada tahun 1970.

Seni Bela Diri

Legenda mengatakan bahwa seni bela diri China atau Wushu, ditemukan lebih dari 4.000 tahun yang lalu oleh Kaisar Kuning. Dalam ribuan tahun sejak itu, itu menjadi bagian integral dari budaya China dan simbol disiplin dan kekuatan.

Gaya bertarung yang paling terkenal adalah kung fu yang dulunya merupakan gaya bertarung eksklusif para biksu untuk melindungi diri dari penjajah.

Masakan China

Makanan China tanpa ragu merupakan salah satu yang paling disukai di dunia—lagipula, siapa yang tidak suka mie? Sementara makanan pokok dim sum, nasi goreng, dan ayam kung pao sangat lezat, keragaman makanan China jauh melampaui itu.

Setiap daerah memiliki berbagai macam bahan pokok dan metode memasaknya sendiri untuk membuat mozaik unik dari berbagai masakan yang berada di bawah payung makanan China.

Sutra

Pernah menjadi rahasia nasional yang dirahasiakan dari orang Eropa yang tidak dapat menguraikan cara membuat kain yang begitu berharga, sutra merupakan bagian integral dari sejarah dan budaya China.

Bagaimanapun, itulah yang membawa perjalanan epik dari Timur ke Barat untuk mengangkut kain berharga. Sutra tidak hanya menghubungkan China dengan Eropa, tetapi juga meletakkan dasar bagi jalur perdagangan terpenting dalam sejarah—Jalur Sutra.

Shanghai

New York City versi China, atau dikenal sebagai Shanghai, adalah salah satu kota paling ikonik di China. Kota ultra-modern ini memiliki beberapa gedung tertinggi di dunia seperti Menara Shanghai dan salah satu sistem transit tercepat di dunia.

Tidak semua lampu berkelap-kelip dan gedung pencakar langit. Shanghai memiliki sejarah kuno yang kaya. Sebagian besar Kota Tua masih utuh, artinya Anda dapat menemukan kedai teh berusia berabad-abad, kuil Buddha kuno, dan taman menawan di jantung kota modern yang ramai ini.