Photo by Gustavo Fring: https://www.pexels.com/photo/focused-young-woman-refueling-car-4173094/
Gaya Hidup

7 Hal yang Membuat Umur Mobil Anda Jadi Pendek, Cepat Rusak!

  • penting untuk mengetahui beberapa hal yang membuat mobil Anda berumur pendek

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Pembelian mobil adalah salah satu pembelian yang cukup besar karena harganya yang mahal. Akan tetapi, membeli mobil ternyata tidak hanya soal biaya pembeliannya saja, tapi Anda juga harus mampu untuk merawatnya di mana biaya perawatan tentu tidak sedikit.

Rutin merawat mobil tentu akan membuat mobil Anda jadi lebih terawat dan awet sehingga Anda tidak perlu membeli mobil lagi dalam waktu yang dekat karena kondisi mobil yang masih prima. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa hal yang membuat mobil Anda berumur pendek agar bisa menghindarinya.

Berikut kebiasaan yang membuat mobil cepat rusak

Berikut kebiasaan buruk yang membuat mobil Anda jadi cepat rusak

1. Nekat Menabrak Lubang

Suspensi mobil Anda mungkin sangat bagus yang membuat Anda tetap nyaman berkendara meski jalanan penuh dengan lubang. Akan tetapi, jika Anda nekat melewati lubang dengan kecepatan yang tinggi akan membuat pelek roda dan penyangga rem jadi cepat bengkok.

2. Tidak Mencuci Mobil

Anda mungkin menyangka rutin mencuci bagian luar mobil adalah hal yang sia-sia karena membuat mobil jadi cepat kotor. Akan tetapi, mencuci mobil secara rutin akan membantu melindungi cat mobil sekaligus mengurangi kemungkinan munculnya karat. 

3. Tidak Membersihkan Bagian Bawah Kap Mobil

Tidak hanya mencuci bagian luar mobil, kap bawah mobil juga penting untuk dibersihkan. Pembersihan berkala pada bagian luar mesin mobil akan dapat menghilangkan endapan lumpur dan kotoran yang memperpendek umur mesin mobil Anda. 

4. Menggunakan Suku Cadang yang Salah Akibat Tergiur Diskon

Anda mungkin selalu melakukan perawatan rutin, akan tetapi jika Anda menggunakan suku cadang yang berkualitas di bawah standar justru akan membuat kondisi mobil Anda jadi bertambah buruk. Anda juga perlu mengetahui bahwa oli yang Anda pilih harus memiliki viskositas yang tepat untuk mobil Anda, bukan oli yang paling murah yang bisa Anda temukan di tempat servis atau toko.

5. Tidak Cukup Sering Mengganti Oli

Mengganti oli lebih sering dari yang disarankan akan mencegah mesin mobil Anda terkena korosif. Selain itu, tindakan ini juga akan membantu mobil Anda bertahan lebih lama, apalagi jika Anda sering mengemudi di kota.

6. Mengemudi Mobil dalam Keadaan Dingin

Mesin yang dingin memerlukan waktu untuk mencapai suhu optimalnya. Oleh karena itu, hindari meningkatkan kecepatan mobil hingga suhunya sudah optimal.

7. Terlalu Sering Menginjak Rem

Menginjak pedal rem yang berat menyebabkan keausan yang tidak normal pada bantalan dan rotor sehingga membutuhkan penggantian lebih sering. Selain itu, jika Anda kerap meningkatkan kecepatan dan mengerem cepat berulang-ulang akan berdampak buruk pada suspensi dan ban mobil.

Itu tadi beberapa hal yang membuat mobil Anda jadi cepat rusak, hati-hati!