Elon Musk
Gaya Hidup

7 Kebiasaan yang Dimiliki Oleh Orang Sukses, Tertarik Melakukannya?

  • Intip beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang sukses. Tertarik untuk melakukannya?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Semua orang tentu ingin memiliki karier yang sukses. Namun, sayangnya tidak semua orang mampu mewujudkan atau mengetahui cara untuk menjadikannya kenyataan.

Ternyata, selain faktor keberuntungan, banyak hal yang membuat beberapa orang menjadi sukses, termasuk soal kebiasaan yang mereka lakukan. Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan mereka agar Anda bisa meningkatkan kualitas hidup Anda.

Kebiasaan yang Dimiliki oleh Orang Sukses

Berikut beberapa kebiasaan yang bisa Anda terapkan agar bisa sukses.

1. Terorganisir

Salah satu kebiasaan yang paling sering disebutkan oleh mereka yang memiliki karier yang sukses adalah hidup terorganisir. Kebiasaan ini mencakup soal perencanaan sekaligus penetapan prioritas dan tujuan.

Joel Brown, seorang pendiri Addicted2Success.com mengungkapkan bahwa ia membuat to-do list setiap malam sebelum tidur untuk mempersiapkan menghadapi hari berikutnya. Sedangkan menurut mantan CEO Twitter, Jack Dorsey, menurutnya hari Minggu adalah hari yang penting untuk mengorganisir semua hal agar dapat bersiap-siap untuk sisa minggu ini.

2. Bersantai

Tidak hanya produktif bekerja, ternyata orang sukses juga memerlukan bersantai. Salah satu kebiasaan orang sukses yang paling sering disebutkan adalah bersantai dengan bermeditasi.

Tentu saja bersantai akan menjadi lebih mudah bagi mereka yang terbiasa hidup terorganisir. Jadi, bagi sebagian orang , bersantai adalah hasil sampingan alami daripada keputusan yang sadar untuk dilakukan.

3. Mengambil Tindakan

Mengatur, merencanakan, dan menetapkan prioritas adalah hal yang penting untuk dilakukan. Akan tetapi, jika tidak ada tindakan maka rencana itu tidak akan menjadi kenyataan.

Orang yang sukses selalu bertindak bahkan dengan cepat. Selain itu, meski kedengarannya berlawanan dengan intuisi, mereka justru bertindak bahkan sebelum mereka merasa siap. 

Sementara orang lain mungkin akan memberikan banyak alasan untuk tidak bertindak, orang-orang sukses justru mau mengambil langkah pertama untuk bertindak. 

4. Tidak Lupa Merawat Diri

Kepedulian merawat diri sendiri berhubungan dengan diet, olahraga, dan menerapkan kebiasaan hidup bersih. Sebagian orang merasa bahwa perawatan pribadi melibatkan rejimen yang kompleks dan gaya hidup yang sangat disiplin.

Padahal, sebetulnya merawat diri tidak sesulit atau serumit yang dikira orang-orang. Bagi Elon Musk, ketika ditanya kebiasaan sehari-hari apa yang memiliki dampak positif terbesar dalam hidupnya, ia hanya menjawab bahwa kebiasaan tersebut hanya mandi. 

5. Bersikap Positif

Menurut banyak orang sukses, memiliki sikap positif bukan hanya hasil dari kesuksesan, tapi juga menjadi salah satu akar penyebab kesuksesan. Meski begitu, tampaknya mengungkapkan rasa terima kasih dan sikap positif saja tidak cukup. Anda juga harus mengingatkan diri sendiri mengapa Anda bersyukur untuk memperoleh efek yang lebih mendalam.

6. Menjalin Network

Orang-orang sukses tahu pentingnya bertukar pikiran dengan orang lain melalui jaringan. Mereka juga mengetahui nilai kolaborasi dan kerja sama tim yang semuanya dapat terjadi ketika Anda berjejaring. Orang-orang sukses juga mengetahui pentingnya mengelilingi diri mereka dengan orang-orang sukses lainnya. 

7. Berhemat

Hemat tidak sama dengan pelit. Berhemat adalah suatu kebiasaan untuk menghindari pemborosan yang secara otomatis akan menghasilkan efisiensi. 

Orang sukses menghindari pengeluaran secara berlebihan. Sebaliknya, mereka justru sering membandingkan berbagai barang saat belanja dan tidak malu untuk melakukan negosiasi.

Itu tadi beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang sukses. Tertarik untuk melakukannya?