Ilustrasi Wanita Sukses
Gaya Hidup

7 Kunci Sukses dalam Segala Aspek Kehidupan Menurut Ahli

  • Psikolog Klinis dari Amerika Steven C. Hayes Ph.D telah mempraktikkan 7 aturan yang membuatnya sukses dalam pekerjaan dan pendidikan.

Gaya Hidup

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Kata sukses kerap dikaitkan dengan status pekerjaan atau pendidikan seseorang. Padahal, makna sukses bisa diperluas untuk banyak area di kehidupan pribadi seseorang seperti pertemanan, pertumbuhan pribadi, dan hubungan romantis.

Steven C. Hayes Ph.D, seorang Psikolog Klinis dari Amerika Serikat, telah mempraktikkan 7 aturan yang membuatnya sukses dalam pekerjaan dan pendidikannya.

Akhirnya, ia mulai mengaplikasikan aturan-aturan ini untuk bidang kehidupan yang lain dan ternyata berhasil. Berikut adalah 13 aturan tersebut.

1. Fokus pada prosesnya, bukan hasil

Kesuksesan adalah hasil akumulasi dari banyak langkah kecil yang dilakukan secara bertahap.

Terlalu berfokus pada hasil tentu berdampak buruk pada diri Anda. Alih-alih menikmati prosesnya, Anda cenderung menjadi tidak sabar, gelisah, tidak fokus, tidak merasa puas, dan bahkan tidak mau melakukan proses tersebut.

2. Berani mencoba walau gagal

Jika Anda ingin berhasil dalam melakukan sesuatu, Anda harus mulai melakukannya. Hayes mengambil contoh, jika Anda ingin menjadi seorang penulis yang baik, maka Anda harus menulis.

Banyak orang yang gagal karena bahkan belum mencoba. Mencoba memang membutuhkan banyak keberanian terlebih jika bayangan kegagalan menghantui.

Namun bagaimanapun, percayalah bahwa gagal karena telah mencoba jauh lebih baik daripada gagal karena sama sekali tidak memulai.

3. Katakan "Ya"

Mudah mengatakan "Ya" pada kesempatan-kesempatan yang berpeluang mendekatkan diri Anda dengan tujuan kesuksesan memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah kaya akan pengalaman menghadapi tantangan. Mungkin ini terasa tidak nyaman untuk dilakukan saat masih awal, namun Anda tidak akan menyesal jika sudah melihat hasilnya.

4. Katakan "Tidak"

Dengan mudah mengatakan "Ya", bukan berarti Anda tidak bisa mengatakan "Tidak". Identifikasi dulu tawaran dan situasinya. Jika memang tawaran tersebut berpotensi untuk merusak fokus Anda dan tidak menambahkan manfaat apa-apa untuk tujuan Anda maka beranilah mengatakan tidak.

Atur prioritas Anda dan hargai waktu Anda.

5. Jaga Komitmen Anda

Kata-kata menunjukkan siapa diri Anda. Maka berhati-hatilah dalam berkata-kata.

Ketika akhirnya Anda sudah berkomitmen melalui ucapan Anda, maka Anda harus melakukannya. Tepati ucapan Anda. Jangan mengecewakan orang lain.

6. Terhubunglah dengan orang yang lebih sukses

Anda harus pandai menemukan orang-orang yang baik untuk belajar. Beberapa mungkin menolak, namun orang-orang sukses biasanya ingin mengenal orang lain yang bisa memberikan sesuatu kepada mereka.

Mereka menginginkan dialog ide dan vidi. Ajak bicara mereka dan dengarkan baik-baik.

7. Rapikan meja kerja Anda

Meja kerja yang rapi memudahkan Anda untuk fokus dan tetap berkonsentrasi saat bekerja.

Rapikan meja kerja Anda secara rutin. Singkirkan barang yang tidak perlu. Terorganisirlah.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 7 aturan sukses dalam hal apapun menurut ahli. Semoga bermanfaat!