Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/person-counting-cash-money-4475523/
Gaya Hidup

7 Macam Pendapatan yang Bisa Anda Kembangkan Agar Terus Cuan

  • berikut ini adalah artikel mengenai 7 macam pendapatan yang bisa Anda kembangkan agar terus cuan
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Bagi seseorang yang melakukan kegiatan ekonomi seperti bekerja, berjualan, ataupun berinvestasi tentunya akan mendapatkan sejumlah uang yang bisa disebut sebagai pendapatan.

Terdapat beragam macam pendapatan yang dapat Anda kembangkan untuk menambah pundi-pundi uang Anda. Apa saja itu?

1. Penghasilan

Penghasilan bisa Anda dapatkan dari pekerjaan Anda. Sebut saja Anda kerja kantoran. Setiap bulan Anda akan mendapatkan gaji beserta bonus dan tunjangan. Gaji inilah yang disebut sebagai penghasilan.

Untuk meningkatkan penghasilan ini, Anda perlu meningkatkan keterampilan Anda sehingga perusahaan akan memberikan promosi jabatan, kenaikan gaji, dan penambahan tunjangan.

2. Laba

Laba adalah sejumlah uang yang Anda dapatkan dari kegiatan jual beli. Laba atau keuntungan ini dapat Anda peroleh jika Anda memiliki bisnis yang menghasilkan.

3. Capital gain

Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual dan harga beli saham. Jika ingin mendapatkan capital gain, maka Anda harus aktif menjalankan aktivitas trading dan dan memiliki keahlian dalam analisis teknikal.

4. Persewaan

Anda juga bisa mendapatkan uang dari kegiatan persewaan. Banyak ide produk yang bisa Anda sewakan seperti sewa peralatan elektronik, kendaraan, hingga properti rumah atau bangunan.

Uang hasil persewaan ini bisa Anda dapatkan per harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan tergantung kesepakatan yang Anda buat dengan penyewa.

5. Dividen

Dividen adalah laba atau imbal hasil yang berhasil dicetak oleh perusahaan yang kemudian dibagikan kepada investor pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

6. Pendapatan bunga

Pendapatan bunga adalah tambahan uang sebagai jasa atas sejumlah modal yang ditanam atau kelebihan pembayaran dari yang seharusnya. Bunga biasanya dinyatakan dalam bentuk persen (%) terhadap modal awal dan diperhitungkan untuk setiap jangka waktu tertentu dan disebut suku bunga.

7. Royalti

Royalti adalah salah satu sumber pendapatan dari sektor kreatif. Pembayaran royalti diatur secara hukum atas aset seseorang, termasuk hak cipta, waralaba, dan sumber daya alam.

Contoh royalti adalah pembayaran yang diterima oleh musisi ketika lagu mereka di putar untuk sebuah film.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 7 macam pendapatan yang bisa Anda kembangkan agar terus cuan. Semoga bermanfaat!