7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan yang Tidak Boleh Dilewatkan
Rumah & Keluarga

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan yang Tidak Boleh Dilewatkan

  • Inilah berbagai manfaat kesehatan dari konsumsi bunga telang. Tertarik mencoba?
Rumah & Keluarga
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Bunga telang adalah bunga yang dikenal lewat warnanya yang berwarna biru dan ungu cerah yang khas, kelopak berbentuk seperti corong, dan mahkota bunga berbentuk seperti kupu-kupu. Bunga yang memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea ini tidak hanya bisa dijadikan tanaman hias karena keindahannya, tapi juga berkhasiat untuk kesehatan.

Berikut penjelasan manfaat kesehatan dari bunga telang yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Kesehatan dari Bunga Telang

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh ketika dikonsumsi, seperti yang dilansir Trenasia dari Medicine Net pada Kamis, 2 November 2023.

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Beberapa penelitian yang dilakukan pada tikus dan hewan lain menunjukkan bahwa pemberian ekstrak bunga telang warna biru secara teratur dapat meningkatkan kadar bahan kimia yang disebut dengan nama asetilkolin.

Asetilkolin sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Kadar asetilkolin yang tinggi pada otak diketahui dapat mengurangi kehilangan memori terkait usia dan meningkatkan kemampuan berpikir daya ingat.

2. Membantu Pencernaan

Bunga telang mengandung antioksidan yang dapat membantu mengendurkan otot perut dan membantu proses pencernaan. Selain itu, bunga telang memiliki sifat antelmintik yang membantu mencegah pertumbuhan cacing di dalam usus.

3. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Teh bunga telang diketahui dapat membantu mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah. 

4. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Bunga telang diketahui mampu memberikan nutrisi pada folikel rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah rambut beruban, dan mengurangi kerontokan rambut. Tidak hanya itu, bunga telang ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan dalam banyak sampo, kondisioner, dan produk rambut lainnya.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Konsumsi teh bunga telang diketahui dapat membantu tekanan darah. Hal ini karena bunga telang mengandung senyawa antosianin yang dapat membantu mengurangi kekakuan arteri.

Jika arteri semakin kaku, maka darah jadi sulit mengalir sehingga menimbulkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

6. Meredakan Peradangan

Bunga telang memiliki kandungan asam oleat sebanyak 51-52%. Asam oleat diketahui dapat mampu meredakan peradangan atau anti-inflamasi yang dapat mengurangi terjadinya infeksi serta pembengkakan, seperti nyeri tubuh, migrain, sakit kepala, dan infeksi luka.

7. Meningkatkan Suasana Hati

Mengonsumsi teh bunga telang dipercaya mampu meredakan stres, mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Tidak hanya itu, konsumsi teh bunga telang juga dapat menyegarkan otak, meningkatkan energi dan stamina, mempengaruhi emosi positif, serta meningkatkan produktivitas saat bekerja.

Itu tadi penjelasan mengenai manfaat kesehatan dari bunga telang. Apakah Anda tertarik untuk mengonsumsinya?