Photo by Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/photo/woman-in-white-long-sleeve-shirt-using-silver-macbook-3795280/
Gaya Hidup

7 Panduan WFH Agar Tetap Bisa Work Life Balance

  • penelitian membuktikan bahwa bekerja dari rumah memiliki banyak manfaat diantaranya adalah peningkatan produktivitas, badan yang lebih sehat, hingga mental yang lebih bahagia.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Work from home atau bekerja dari rumah bisa jadi membuat Anda produktif namun tak jarang juga bisa membuat Anda stres dan susah fokus karena banyaknya distraksi.

Namun dibalik semua itu, penelitian membuktikan bahwa bekerja dari rumah memiliki banyak manfaat diantaranya adalah peningkatan produktivitas, badan yang lebih sehat, hingga mental yang lebih bahagia.

Melansir dari laman website scienceofpeople berikut adalah 7 langkah yang bisa Anda lakukan agar Anda lebih produktif dan tetap work life balance saat work from home

1. Kenali pemicu yang membuat tidak produktif

Bekerja dari rumah artinya Anda sangat dekat dengan semua barang yang Anda butuhkan. Kulkas, kasur, TV, dapur, kamar mandi.

Hal-hal diatas jugalah biasanya yang menjadi biang kerok mengapa orang menjadi tidak produktif ketika bekerja dari rumah.

Maka cobalah untuk mengenali pemicu apa yang sering membuat Anda tidak produktif ketika bekerja, setelahnya coba kurangilah sehingga Anda akan mendapat suasana kerja yang kondusif.

2. Buat jadwal bekerja

Salah satu tantangan bekerja dari rumah adalah Anda tidak memiliki waktu mulai atau waktu selesai yang jelas. Selain itu batas antara ruang kerja dengan ruang pribadi juga semu. Anda harus belajar untuk memisahkan kehidupan pribadi Anda dengan kehidupan bekerja. Walaupun sama-sama di rumah.

3. Menemukan ritme kerja yang tepat

Semua orang memiliki ritme kerjanya sendiri. Dr Paul Kelley seorang peneliti di Universitas Terbuka menemukan bahwa tingkat konsentrasi murid-muridnya meningkat ketika ia memulai kelas pada jam 11 pagi.

Setiap orang memiliki waktunya masing-masing dan manfaatkan kesempatan ini.

4. Peregangan

Anda mungkin pernah mendengar bahwa semakin lama seseorang duduk, semakin besar pula kemungkinan mereka mengalami kematian dini. Ini tidak salah dan ada penelitian yang membuktikannya yaitu dari American Cancer Society pada tahun 2018.

Maka jangan malas untuk melakukan peregangan otot-otot badan secara teratur dan berjalan-jalan. Anda juga dapat melakukan senam jika mau.

5. Buat ruang kerja

Penelitian membuktikan bahwa 80% profesional muda mengaku bekerja dari tempat tidur mereka.

Ini tentunya tidak baik karena akan mencampurkan hubungan mental antar kamar tidur dengan kegiatan bekerja Anda. Perasaan terkait pekerjaan dan istirahat bercampur menjadi satu.

Untuk mengatasinya cobalah buat satu ruang khusus yang memang diperuntukkan untuk bekerja.

6. Tetap bersosialisasi

Banyak orang yang tidak menyadari seberapa banyak bekerja dari rumah akan berdampak pada kehidupan sosial mereka.

Jadi pastikan untuk tetap memiliki waktu bersosialisasi.

7. Matikan perangkat kerja

Banyak pekerja work from home yang memiliki masalah memisahkan kehidupan bekerja dengan kehidupan keluarga. Mereka ingin bekerja lebih dan lebih hingga mengorbankan waktu untuk diri sendiri atau keluarga.

Langkah untuk menghentikan kebiasaan buruk ini adalah dengan mematikan perangkatnya jika perlu cabut kabelnya saat waktu bekerja sudah berakhir.

Berikut tadi adalah 7 langkah supaya work from home Anda tetap produktif dan kehidupan Anda tetap seimbang. Semoga bermanfaat!