Bintang muda asal Ukraina, Mykhaylo Mudryck, diboyong Chelsea senilai 100 juta euro.
Olahraga

7 Pembelian Termahal Klub Liga Inggris, Chelsea Terbanyak Pecahkan Rekor

  • 7 pembelian pemain termahal klub Liga Inggris masih didominasi Chelsea dengan menyumbang 4 nama pemain, berikut daftarnya.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Liga Inggris adalah perpaduan seni olahraga dan drama yang mampu membius pencinta sepak bola di seluruh dunia. Maka, tak ada salahnya kompetisi negeri Pangeran Charles itu disebut liga terbaik di bumi. 

Selain acap kali menyuguhkan kalahnya tim raksasa melawan tim gurem. Para kontestan Liga Inggris dalam setiap bursa transfer selalu membuat gempar dunia, dengan gelontoran uang triliunan.

Data pada bursa transfer 2022 lalu, klub Liga Inggris mampu mengeluarkan dana lebih dari 1 miliar poundsterling atau Rp19 triliun. Namun, jika ditambah pada bursa transfer Januari 2023, 18 klub itu mampu mengeluarkan dana sebanyak 800 juta poundsterling/Rp15 triliun. (Asumsi kurs, Rp19.499,35 per satu pounds).

Itu artinya pada jendela dua bursa transfer, seluruh klub Liga Inggris telah mengeluarkan dana untuk membeli pemain sebesar Rp34 triliun. Maka tak heran jika pada bursa transfer pasti selalu ada rekor pembelian transfer termahal. 

Terbaru, Chelsea di bawah kepemilikan Todd Boehly dan Clearlake Capital kembali memecahkan pembelian pemain termahal sepanjang masa Liga Inggris, setelah menebus Moises Caicedo dari Brighton & Hove Albion seharga 2,24 triliun.

Angka tersebut, memecahkan rekornya sendiri, setelah membeli Enzo Fernandez seharga Rp2,08 triliun yang dibeli dari Benfica pada bursa transfer Januari 2023. Maka berikut ini pembelian termahal sepanjang masa Liga Inggris, seperti dilansir dari situs Transfermarkt, Jumat 18 Agustus 2023.

1. Moises Caicedo, 115 Juta Pounds

Awalnya Brighton hanya memberi bandrol Moises Caicedo seharga Rp 1,95 triliun saja, tapi Liverpool tak ada hujan menawar pemain Ekuador itu senilai Rp2,14 triliun. Tak dinyana, sang pemain menolak pindah ke Anfield dan memilih ke Stamford Bridge, membuat Chelsea akhirnya membayar Rp 2,24 triliun untuknya.

2. Enzo Fernandez, 106.8 Juta Pounds

Pembelian termahal kedua Liga Inggris jatuh kepada nama Enzo Fernandez yang dibeli Chelsea dari Benfica seharga Rp2,08 triliun pada bursa transfer Januari 2023. Nama Enzo meledak pasca menyabet gelar pemain muda terbaik Piala Dunia 2022. 

3. Declan Rice, 105 Juta Pounds

Pembelian termahal ketiga Liga Inggris jatuh pada gelandang 24 tahun, Declan Rice. Pemain kebangsaan Inggris jadi dibeli Arsenal dari West Ham United pada bursa transfer musim panas 2023, dengan biaya transfer senilai Rp2,04 triliun. 

4. Jack Grealish, 100 Juta Pounds

Pembelian termahal ketiga Liga Inggris jatuh pada Jack Grealish yang dibeli Manchester City dari Aston Villa seharga Rp1,95 triliun pada 2021 lalu. Dapat dibilang skill Grealish tidak terlalu apik, namun karena status pemain homegrown harganya langsung terlampau tinggi.

5. Romelu Lukaku, 97 Juta Pounds

Usai memenangkan Liga Champions 2021, Chelsea yang masih dibesut Thomas Tuchel meminta striker no 9. Tanpa berpikir, The Blues menebus pemain yang pernah dididik di Cobham yakni Romelu Lukaku pada bursa transfer musim panas 2021 dari Inter Milan seharga Rp1,89 triliun. Namun, penampilan bomber Belgia itu tak konsisten dan diharapkan pergi dari publik Stamford Bridge pada musim panas ini.

6. Paul Pogba, 89 Juta Pounds

Pembelian termahal keenam Liga Inggris jatuh pada gelandang tengah Paul Pogba dengan harga Rp1,73 triliun. Pemain Prancis itu dibeli lagi oleh Manchester United dari Juventus pada bursa transfer 2016. Namun, penampilan pemain jebolan Carrington tak sesuai ekspestasi publik Theater of Dreams.

7. Mykhaylo Mudryk, 89 Juta Pounds

Pembelian termahal ketujuh Liga Inggris kembali jatuh kepada pemain Chelsea yakni Mykhaylo Mudryk yang dibeli dari Shakhtar Donestk seharga Rp1,73 triliun. Pemain asal Ukraina itu menjadi komoditas panas pada bursa transfer musim panas 2022, lantaran terjadi perburuan antara The Gunners vs The Blues.