Perusahaan Batu Bara dengan Jumlah Cadangan Terbanyak di Indonesia
Video

7 Perusahaan Batu Bara dengan Jumlah Cadangan Terbanyak di Indonesia

  • Berdasarkan data dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, total cadangan batu bara yang dimiliki Indonesia adalah sebanyak 38,8 miliar ton pada tahun 2020. Dari total jumlah cadangan tersebut, terdapat nama-nama perusahaan besar yang turut berkontribusi dalam kegiatan operasional baik eksplorasi maupun eksploitasi.
Video
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Indonesia menduduki peringkat keenam sebagai negara dengan jumlah cadangan batu bara terbesar di dunia. 

Berdasarkan data dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, total cadangan batu bara yang dimiliki Indonesia adalah sebanyak 38,8 miliar ton pada tahun 2020. 

Dari total jumlah cadangan tersebut, terdapat nama-nama perusahaan besar yang turut berkontribusi dalam kegiatan operasional baik eksplorasi maupun eksploitasi.

Berdasarkan laporan tahunan yang dikeluarkan perusahaan pada tahun 2020, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menjadi perusahaan batu bara dengan jumlah cadangan batu bara terbanyak di Indonesia. 

PTBA memiliki total cadangan batu bara sebanyak 3,18 miliar ton yang diperoleh melalui sejumlah tambang milik perusahaan di antaranya tambang Peranap, Ombilin, Tanjung Enim dan Bukit Kendi.