<p>CEO Amazon Jeff Bezos. / Reuters</p>
Nasional & Dunia

7 Rahasia Sukses Orang Terkaya di Dunia, CEO Amazon Jeff Bezos

  • CEO Amazon Jeff Bezos saat ini merupakan orang terkaya di dunia. Kekayaan Jeff yang tercatat pada tahun 2020 mencapai Rp2.000 triliun lebih. Bezos merupakan konglomerat superkaya dunia di posisi nomor wahid dengan kekayaan US$188,7 miliar versi majalah Forbes 2020.

Nasional & Dunia
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – CEO Amazon Jeff Bezos saat ini merupakan orang terkaya di dunia. Kekayaan Jeff yang tercatat pada tahun 2020 mencapai Rp2.000 triliun lebih. Bezos merupakan konglomerat superkaya dunia di posisi nomor wahid dengan kekayaan US$188,7 miliar versi majalah Forbes 2020.

Sebagai pendiri Amazon, Jeff telah mengalami asam garam dalam membangun bisnisnya. Ia telah bekerja keras sejak umur belia. Bahkan ia sempat menjadi juru masak di salah satu perusahaan makanan siap saji.

Meskipun begitu, Jeff muda sebenarnya menaruh perhatian besar pada dunia teknologi. Memiliki jiwa yang pantang menyerah, akhirnya pria pelontos ini mampu membawa Amazon dari forum jual-beli buku, menjadi perusahaan e-commerce terbesar di dunia dengan nilai US$1,5 triliun atau setara Rp21.750 triliun.

Rahasia Sukses Jeff Bezos

  1. Memiliki Visi Besar

Sebelum menjadi seperti sekarang ini, dahulu Amazon hanya menjadi situs penjualan buku. Dengan visi luar biasa yang dimiliki Jeff, akhirnya Amazon bertransformasi menjadi perusahaan raksasa dunia.

Baginya, seseorang yang ingin sukses harus menghabiskan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat. Dengan begitu, wajib hukumnya memiliki visi yang jelas untuk beberapa tahun ke depan.

  1. Tidak Takut Gagal

Jeff menganggap kegagalan sebagai sebuah pembelajaran. Ia juga kerap mengambil keputusan yang beresiko besar dalam menjalankan bisnisnya.

Dengan kegagalan, baginya seseorang akan banyak belajar. Hal ini yang akan membentuk dirinya lebih siap dalam menghadapi tantangan ke depan.

  1. Gunakan Waktu Sebaik Mungkin

Jeff Bezos mengaku tidak pernah menyia-nyiakan waktunya. Di kala senggang, ia menggunakan waktunya untuk memikirkan kelanjutan bisnis yang ia bangun.

  1. Menjalani Sesuatu yang Disukai

Jeff berpesan bahwa dalam menjalani sesuatu, seseorang harus menyukai apa yang dia jalani. Begitu pun sebaliknya, ketika sedang menjalani sesuatu, coba lah untuk menyukainya. Jadi tidak ada keterpaksaan ya!

  1. Pantang Menyerah

Tidak hanya Jeff Bezos, rata-rata orang sukses di dunia ini memiliki jiwa pantang menyerah. Jeff sendiri telah mengalami kegagalan berkali-kali dalam menjalankan bisnisnya, namun akhirnya ia meraih kesuksesannya.

  1. Menerima Kritikan

Bagi Jeff, kritikan adalah sebuah masukan yang akan membuatnya lebih maju dan berkembang. Setelah mendapatkan kritikan, jangan ragu dalam mengambil keputusan yang lebih baik lagi.

  1. Selalu Berinovasi

Jika melihat perjalanan Amazon, Jeff kerap mengambil langkah inovasi untuk perusahaannya. Mulai dari hanya menjual buku, Amazon merambah kepada kebutuhan konsumen lain seperti kebutuhan rumah tangga, elektronik, hingga hiburan.

Bahkan saat ini terdapat Amazon Web Services yang menyediakan layanan komputasi (cloud) bagi perusahaan atau suatu lembaga. Kliennya tidak tanggung-tanggung, mulai dari NASA hingga pemerintah Amerika Serikat.

Ia menganggap tidak ada satu barang pun yang tidak dapat dijual oleh Amazon. Sampai-sampai perusahaan e-commerce satu ini sering dituding melakukan monopoli pasar. (SKO)