Rekomendasi Tanaman Indoor Membuat Rumah Anda Lebih Segar
Rumah & Keluarga

7 Rekomendasi Tanaman Indoor yang Membuat Rumah Anda Lebih Segar

  • Mendambahkan tanaman di dalam ruangan dapat menjadi pilihan Anda.
Rumah & Keluarga
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Mendambahkan tanaman di dalam ruangan dapat menjadi pilihan Anda. Selain membuat ruangan lebih sejuk, tanaman tersebut bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan. Hal ini dapat memberi kesan hunian terasa natural dan homey

Tetapi, perlu diingat, pasikan Anda tahu jenis tanaman apa yang akan digunakan untuk mendekor ruangan. Sebab, tidak semua tanaman cocok jika ditaruh dalam ruangan. Lantas, kira-kira tanaman apa saja yang cocok untuk di tanama dalam ruangan?

Rekomendasi Tanaman Indoor yang Membuat Rumah Lebih Segar

(Rekomendasi Tanaman Indoor Membuat Rumah Anda Lebih Segar_Freepik.com/liudmila.fadzeyeva)

1. String of Pearls

Sesuai dengan namanya, tanaman ini berbentuk untaian seperti mutiara. Jenis tanaman ini merupakan spesies dari ordo Asterales, dan sering disebut dengan nama sukulen. Tanaman hias ini tumbuh dengan cara merambat, batangnya tumbuh menjalar. Sehingga, tanaman ini cocok ditanam pada pot gantung. Cara perawatannya cukup disemprot bagian permukaannya. Tetapi, jika tanahnya sudah kering bisa disiram sesuai dengan kebutuhan tanaman. 

2. Tanaman Giok

Secara visual, tanaman ini begitu menarik. Tanaman giok ini memiliki daun yang tebal. Anda tidak perlu khawatir karena tanaman tersebut perawatannya begitu mudah, dan tidak membutuhkan banyak air. Tanaman ini cocok diletakkan dalam pencahayaan terang dan suhu ruangan.

3. Air Plant

Mendapat julukan Tillandsia si Air Plant yang Cantik. Tanaman udara ini dapat hidup dengan media udara, menggantung di udara, tanpa tanah, tanpa pupuk bahkan tanpa disiram air sekalipun. 

Tanaman ini hidupnya menempel atau bergantung pada tangkai, batang dan juga ranting-ranting tanaman lain yang lebih tinggi. Tetapi tidak akan menjadi parasit pada tanaman yang ditempelinya, tidak merusaknya, air plant hanya sekedar numpang hidup pada tanaman lain.

4. Beringin Karet

Tanaman hias ini memiliki permukaan daun yang mengilap, teksturnya lembut, awet karena tidak disukai hama, dan tahan kering. Tanaman yang dikenal juga dengan nama rubber plants ini merupakan tanaman yang berfungsi sebagai pembersih udara alami. 

Tanaman ini membutuhkan cahaya terang secara tidak langsung. Merawatnya pun tidak merepotkan, karena Anda cukup memberinya air ketika tanahnya kering saja.

5. Rosemary

Rosemary memiliki daun yang oval kecil, ujungnya runcing seperti jarum. Tanaman tersebut hanya dapat tumbuh sekitar satu-dua meter saja. Rosemary memiliki bunga kecil yang berwarna biru gelap dan juga ungu pucat.

Perawatan tanaman ini begitu mudah, cukup siram setiap hari,vletakkan rosemary pada pot serta taruh di dekat jendela agar terkena cahaya matahari.

6. Monstera Deliciosa

Monstera dapat menjadi dekorasi ruangan yang menyejukkan mata, selain itu bisa memperbaiki kualitas udara di ruangan. Tanaman ini tidak bisa hidup di bawah matahari langsung, Anda bisa meletakkan tanaman ini di dalam ruangan yang minim cahaya. Untuk penyiraman, Anda cukup menyiram dua-tiga kali dalam satuminggu.

7. Kaktus

Tanaman ini bisa tumbuh dalam waktu yang lama tanpa air sekalipun. Kaktus memiliki akar panjang yang berfungsi untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Tanaman ini cocok untuk diletakkan di atas meja kerja hunian Anda.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tanaman yang dapat Anda gunakan sebagai dekorasi ruangan agar lebih sejuk. Semoga membantu Anda dalam pemilihan tanaman untuk dekorasi ruangan. Jika Anda telah memahami tentang tanaman tersebut, kira-kira tanaman apa yang ingin Anda tanam di dalam ruangan?