Pura Batu Bolong
Destinasi & Kuliner

7 Rekomendasi Wisata Dekat Sirkuit Mandalika, Nonton Balapan Sembari Plesiran

  • Selain menyaksikan MotoGP 2023, para pengunjung juga dapat berkunjung ke beberapa tempat wisata menarik yang letaknya tak jauh dari Sirkuit Mandalika.
Destinasi & Kuliner
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Sejumlah rider MotoGP terpantau telah tiba di Lombok Tengah Nusantara Barat (NTB) untuk menatap balapan di sirkuit Pertamina Mandalika yang akan berlangsung pada akhir pekan 13- 13 Oktober mendatang. 

Mengingat wilayah sirkuit Pertamina Mandalika tak jauh dari pantai dan keindahan alam Lombok NTB yang menakjubkan, tak jarang para rider itu menyempatkan diri dulu untuk mengunjungi ke tempat wisata. 

Salah satunya adalah rider Aprilia Racing Team Aleix Espagaro yang terpantau melalui Instagram pribadinya baru saja berlibur ke salah satu pantai yang ada di Lombok. Lalu, kampiun GP Mandalika musim lalu, Fabio Quartararo terpantau berlibur ke Bali terlebih dahulu.

Artinya ajang MotoGP Mandalika dapat menciptakan multiplier effect yang signfikan khususnya bagi masyarakat NTB. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bahwa sudah selayaknya Sirkuit Mandalika yang menelan investasi tidak sedikit untuk dioptimalkan, salah satunya dengan ajang ini. 

“MotoGP Mandalika sebelumnya mampu menarik jumlah penonton 100 ribu orang lebih dan nilai tambah ekonomi sampai Rp.4,5 triliun, saya harap bisa meningkat tahun ini dan makin berkontribusi pada ekonomi nasional dan daerah,” ujar Bambang dalam keterangannya beberapa waktu lalu dikutip Selasa, 10 September 2023. 

Senada dengan Bambang, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menilai ajang MotoGP Mandalika tahun ini merupakan event sport tourism penting bagi pariwisata Indonesia yang akhirnya mampu mengakselerasi perekonomian dalam negeri. 

“MotoGP Mandalika tahun lalu kita sedang dalam kondisi recovery dari pandemi, tahun ini kita accelerate lagi untuk pertumbuhan pariwisata Indonesia karena Mandalika juga merupakan satu dari lima destinasi super prioritas,” tuturnya.

Nah, selain menyaksikan balapan, para pengunjung juga dapat berkunjung ke beberapa tempat wisata menarik yang letaknya tak jauh dari Sirkuit Mandalika. Berikut adalah 7 rekomendasi wisata yang patut dipertimbangkan.

1. Pantai Kuta Lombok

Sebuah destinasi pantai yang indah dengan pasir putih lembut dan ombak yang cocok untuk berselancar. Pantai Kuta Lombok menawarkan pemandangan alam yang memukau dan suasana yang tenang. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar.

2. Pantai Selong Belanak

Pantai ini terkenal karena pasirnya yang lembut dan lautnya yang tenang, membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bersantai. Pantai Selong Belanak juga cocok untuk berselancar bagi para penggemar olahraga air.

3. Bukit Merese

Untuk pengalaman pemandangan yang spektakuler, kunjungi Bukit Merese. Dari puncak bukit ini, Anda dapat menikmati panorama luas pantai, laut biru, dan langit yang indah. Terutama saat matahari terbenam, pemandangan ini menjadi sangat memukau.

4. Desa Sade

Dekat Mandalika, Anda dapat mengunjungi Desa Sade, yang terkenal dengan rumah-rumah tradisional Sasak. Desa ini memberikan pengalaman mendalam tentang kehidupan tradisional masyarakat Sasak, termasuk kerajinan tangan dan seni mereka.

5. Air Terjun Benang Stokel

Untuk mencari kesegaran dan petualangan alam, kunjungi Air Terjun Benang Stokel. Terletak tidak terlalu jauh dari Mandalika, air terjun ini menawarkan suasana alami yang tenang dan segar, cocok untuk berenang atau piknik keluarga.

6. Gili Nanggu

Jika Anda mencari tempat yang lebih tenang dan terpencil, kunjungi Gili Nanggu. Pulau kecil ini dikelilingi oleh air jernih dan snorkeling di sekitarnya sangat disarankan. Anda dapat menikmati keindahan bawah laut yang memikat dengan berbagai biota laut yang menarik.

7. Pura Batu Bolong

Terletak di sekitar Mandalika, Pura Batu Bolong adalah kuil yang menakjubkan yang terletak di atas tebing dengan pemandangan laut yang memukau. Tempat ini juga merupakan tempat suci bagi umat Hindu dan sering dikunjungi oleh wisatawan yang mencari pengalaman spiritual dan keindahan alam sekaligus.