Ternyata Ada 5 Tipe Kepribadian yang Berdasarkan Penggunaan Uang, Anda yang Mana?
Gaya Hidup

7 Resolusi Keuangan Tahun 2023 Agar Tujuan Segera Tercapai

  • Inilah beberapa resolusi keuangan tahun 2023 yang bisa Anda lakukan untuk meraih tujuan keuangan.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Menyambut tahun baru 2023 tidak hanya harus melalui perayaan atau berkumpul dengan orang terdekat. Anda bisa menyambut tahun baru ini dengan kebiasaan dan tujuan yang baru dengan membuat resolusi, salah satunya resolusi keuangan.

Resolusi di tahun 2023 akan membantu Anda untuk memperbaiki kualitas kehidupan. Berikut beberapa resolusi keuangan tahun 2023 yang bisa Anda lakukan.

Resolusi Keuangan Tahun 2023 

1. Lebih Berhemat

Mungkin memang sulit atau tidak mudah untuk lebih berhemat. Akan tetapi, jika Anda disiplin untuk melakukannya, Anda bisa mendapatkan simpanan uang lebih banyak di masa depan. Untuk memudahkan Anda, cobalah untuk menabung sejumlah uang yang kira-kira tidak memberatkan Anda dan tabunglah setiap bulan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba memangkas pengeluaran yang tidak penting lalu pindahkan sisa uang tersebut ke dalam tabungan.

2. Lakukan Satu Pembayaran Ekstra

Satu pembayaran bulanan ekstra per tahun dapat memudahkan Anda untuk segera melunasi utang. Anda bisa menggunakan uang seperti bonus akhir tahun untuk membayar utang tersebut.

3. Menabung untuk Pensiun 

Anda perlu segera memikirkan masa pensiun dan mempertimbangkan cara Anda menghadapinya. Setiap tahun, Anda akan semakin dekat dengan waktu pensiun. Oleh karena itu, cobalah untuk menabung berapapun jumlahnya yang dapat dimanfaatkan saat masa pensiun annti.

4. Coba Terapkan Tidak Belanja Selama 2 Minggu

Anda bisa mencoba menerapkan tantangan ini agar Anda bisa lebih berhemat. Pilih tanggalnya dan tandai sekarang, lalu berkomitmenlah untuk tidak berbelanja apapun selama dua minggu. Tantangan ini akan membuat Anda belajar lebih banyak mengenai diri Anda dan memikirkan kembali kebiasaan konsumsi Anda.

5. Strategi untuk Pasangan

Jika Anda merupakan keluarga berpenghasilan ganda, usahakan untuk menabung seluruh gaji dari salah satu pasangan. Dengan kata lain, Anda dan pasangan mencoba untuk hidup dengan salah satu sumber gaji lalu masukkan seluruh gaji dari salah satu pasangan ke dalam tabungan.

6. Buat Anggaran

Lakukan penganggaran mulai sekarang dan tidak ada lagi alasan untuk mengulur waktu. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengatur keuangan dan membantu Anda untuk meraih tujuan keuangan Anda.

7. Investasi

Investasi merupakan salah satu cara untuk membangun kekayaan dan meraih tujuan keuangan. Cobalah untuk menggunakan ‘uang dingin’ Anda yang benar-benar disisihkan untuk kebutuhan investasi lalu investasikan dalam reksadana atau saham yang Anda pahami.

Itu tadi beberapa resolusi keuangan tahun 2023 yang bisa Anda lakukan untuk meraih tujuan keuangan. Selamat mencoba.