Bosan Sering Tak Punya Uang? Lakukan 7 Hal Ini untuk Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda
Gaya Hidup

7 Tanda Gaji Anda Tak Cukup untuk Kebutuhan, Cek Sekarang!

  • Inilah 7 tanda bahwa Anda tidak memiliki penghasilan yang cukup, cek sekarang!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Jika Anda terus-menerus berjuang untuk selalu memenuhi kebutuhan, maka itu artinya Anda mungkin menghadapi serangkaian masalah. Hal ini mungkin akan membuat Anda jadi frustasi karena masih terjebak dalam masalah kesulitan keuangan tanpa mendapatkan jalan keluar. Hal itu bisa menjadi tanda Anda menghabiskan terlalu banyak uang atau Anda mungkin tidak menghasilkan cukup uang.

Jika penghasilan Anda tidak cukup untuk menutupi tagihan, maka Anda perlu segera mengambil langkah untuk meningkatkan penghasilan atau gaji Anda. Bahkan, jika Anda merasa tidak bisa membuat rencana, anggaran dapat membantu Anda untuk kembali ke jalur keuangan Anda yang tepat. 

Berikut beberapa tanda bahwa Anda tidak menghasilkan cukup uang dan cara untuk menghadapinya.

Tidak Dapat Menutupi Tagihan

Jika Anda selalu memilih antara tagihan mana yang harus dibayar setiap bulan, maka itu artinya Anda sedang mengalami krisis pendapatan. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasi hal ini sesegera mungkin salah satunya dengan mengurangi tagihan, seperti pindah ke daerah dengan harga sewa yang lebih rendah atau dengan menjual mobil Anda. Anda juga dapat menurunkan gaya hidup Anda, dengan menurunkan paket internet atau pulsa seminimal mungkin dan membatalkan biaya langganan platform streaming.

Kehabisan Uang pada Awal Bulan

Seperti yang dilansir dari laman The Balance, jika Anda terus menerus berjuang untuk memenuhi kebutuhan setelah awal bulan, kemungkinan besar hal ini merupakan tanda bahwa Anda tidak menghasilkan cukup uang. Hal ini juga merupakan indikator yang jelas bahwa pengeluaran berlebihan mungkin bukan masalah utama. 

Anda bisa menyiasatinya dengan mencari pekerjaan baru yang dapat meningkatkan penghasilan Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk kembali ke sekolah sehingga dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan pekerjaan bergaji lebih tinggi.

Tidak Ada Lagi Pengeluaran yang Bisa Dikurangi Biayanya

Saat Anda ingin menemukan uang tambahan dengan mengetahui anggaran belanja selama ini, dan tidak dapat menemukan hal lain yang bisa dikurangi lagi dari pengeluaran, itu artinya Anda telah memotong semua biaya yang Anda bisa dan masih tidak dapat memenuhi kebutuhan. Jika hal ini terjadi pada Anda, itu artinya Anda menghadapi masalah keuangan yang serius.

Anda Tidak Mampu Menangani Kondisi Darurat

Jika Anda selalu kekurangan pendapatan setiap bulan, maka sulit bagi Anda untuk dapat menyisihkan uang untuk dana darurat. Hal ini tentunya akan menciptakan efek domino. 

Jika Anda tidak mampu menangani keadaan darurat, mungkin akhirnya Anda harus berutang atau menggunakan kartu kredit. Padahal, cara tersebut justru semakin melumpuhkan kondisi finansial Anda.

Mungkin terdengar mustahil jika Anda tetap harus menyisihkan uang setiap bulan sementara Anda harus berjuang untuk bertahan hidup. Namun, dengan tetap memiliki dana darurat untuk mengatasi kondisi darurat dapat membuat Anda lebih tenang dan lebih fokus untuk meraih tujuan keuangan yang lainnya.

Anda Terus-menerus Khawatir Tentang Uang

Jika Anda tetap merasa khawatir terus menerus tentang uang dan membuat Anda tetap terjaga di malam hari, maka itu artinya mungkin Anda tidak menghasilkan uang yang cukup. Manfaatkan kekhawatiran Anda ini dan mulailah untuk membuat rencana yang akan mengubah situasi Anda. 

Membuat anggaran juga memudahkan Anda untuk merencanakan pembelian. Dana darurat juga akan membantu Anda untuk menutupi pengeluaran tidak terduga.

Anda Tidak Mampu Mencapai Tujuan Keuangan Anda

Jika Anda hampir tidak bertahan dan tidak membuat kemajuan apapun dalam melunasi utang atau meningkatkan tabungan, ini artinya Anda tidak menghasilkan uang yang cukup. Anda perlu mengatasi masalah ini sebelum menjadi masalah yang lebih serius.

Anda bisa memulai mengatasinya dengan cara membuat tujuan keuangan agar Anda lebih fokus untuk meraihnya. Pastikan tujuan yang Anda tetapkan dapat dicapai dan spesifik, seperti melunasi utang.

Anda Menggunakan Kartu kredit Setiap Bulan

Salah satu tanda terbesar bahwa Anda memiliki masalah mengenai pendapatan adalah bahwa Anda menggunakan kartu kredit menjelang akhir bulan untuk menutupi semua pengeluaran. Pada awalnya, masalah ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar. Akan tetapi, jika saldo Anda mulai habis dan pembayaran kartu kredit Anda naik, masalah keuangan Anda akan menjadi lebih buruk.

Mungkin tampak sulit untuk berhenti menggunakan kartu kredit jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan dasar. Akan tetapi, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan menggunakan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan harian agar Anda mampu membatasi apa yang Anda belanjakan.

Itu tadi  7 tanda bahwa Anda tidak menghasilkan cukup uang yang perlu Anda waspadai dan segera diatasi.