Tips Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga
Gaya Hidup

7 Tips Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

  • TRENASIA — Sesuai dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, kesehatan merupakan investasi penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manus
Gaya Hidup
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga (Freepik.com/jcomp)

JAKARTA — Sesuai dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, kesehatan merupakan investasi penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia seta salah satu unsur kesejahteraan yang harus diterapkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. 

Salah satu tujuan dari pembangunan kesehatan sendiri yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hidup sehat. Agar terwujudnya tujuan tersebut, pembangunan kesehatan dapat dimulai dari unit terkecil yaitu keluarga. 

Tentu saja untuk menciptakan hidup sehat tidak semudah membalik telapak tangan. Artikel ini akan membahas mengenai tips gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan keluarga seperti bergerak setiap hari, selalu berpikir positif, minum air putih, makan sehat dan bergizi, berhenti merokok, tidur nyenyak dan melakukan pemeriksaan rutin atau vaksinasi.

Tips Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Tips Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga (Freepik.com)

Berikut ini merupakan tips gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan keluarga, di antaranya sebagai berikut:

1. Bergerak Setiap Hari

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya guna menyewa tempat gym atau mengikuti kelas zumba maupun yoga untuk berolahraga. Yang terpenting adalah seberapa sering dan seberapa lama Anda melakukan aktivitas ini. Bergeraklah minimal 30 menit setiap hari. Jika Anda memiliki waktu yang cukup, lakukan olahraga secara teratur. Upayakan untuk bergerak di sela-sela aktivitas anda seperti naik turun tangga, berjalan santai di sekitar rumah.

2. Selalu Berpikir Positif

Usahakan untuk selalu berpikir positif, jangan pernah untuk berperasangka buruk terhadap orang lain. Dengan selalu berpikir positif, Anda akan merasa bahagia.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih untuk kebutuhan tubuh minimal harus 1500-2000 ml/hari atau setara dengan 8-9 gelas agar kebutuhan air dalam tubuh Anda terpenuhi. Sebab, tanpa minum air putih yang cukup, manusia akan mengalami dehidrasi.

4. Makan Makanan Sehat dan Bergizi

Makan makanan sehat dan bergizi dengan mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari dengan porsi minimal 1/3 piring makan. Anda dapat memasak sayuran dan protein dengan minyak zaitun. Sebagai pelengkap, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari konsumsi makanan dengan olahan yang berdampak pada kesehatan atau kurangi untuk mengkonsumsi junk food.

5. Berhenti Merokok

Berbagai penyakit berbahaya dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok. Tidak hanya perokok aktif, rokok juga berbahaya bagi siapa pun yang menghirup asapnya. Setiap rokok yang dihisap dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti halnya penyakit jantung, stroke, dan masalah pada paru-paru misalnya penyakit paru obstruktif kronis dan kanker paru-paru.

6. Tidur Nyenyak

Tidur dapat memulihkan fungsi-fungsi organ dan memberikan efek yang signifikan pada suasana hati Anda. Salah satu peicu masalah tidur atau insomnia yaitu overthingking dan bermain ponsel. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengatur waktu untuk bermain ponsel, selain itu Anda bisa mendengarkan musik, membaca buku, mengkonsumsi teh atau melakukan hal positif lainnya sebelum tidur.

7. Melakukan Pemeriksaan Rutin atau Vaksinasi

Melakukan pemeriksaan tidak harus menunggu tubuh melemah atau jatuh sakit. Penting untuk pemeriksaan rutin untuk mencegah perkembangan penyakit serius atau hal yang tidak diinginkan. Lakukan medical check up setidaknya satu tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk melawan penyakit dan menjaga kekebalan tubuh.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehar-hari untuk menjaga kesehatan keluarga. Dengan melakukan beberapa tips tersebut, Anda dapat menciptakan keseimbangan dalam gaya hidup keluarga yang sehat. Selamat mencoba!