7 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh
Gaya Hidup

8 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh, Apa Saja?

  • Olahraga adalah aktivitas fisik yang penting dilakukan secara teratur.
Gaya Hidup
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

SOLO - Olahraga adalah aktivitas fisik yang penting dilakukan secara teratur. Tubuh kita akan menjadi sehat jika digunakan untuk bergerak atau beraktivitas selama tidak berlebihan. 

Namun, ada pula beberapa orang menganggap olahraga merupakan aktivitas yang sangat melelahkan. Meski begitu, olahraga sangat penting untuk daya tubuh kita. Lantas, apa saja pentingnya olahraga bagi tubuh?

(Manfaat Olahraga Bagi Tubuh_Freepik.com/pressfoto)

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

(Pentingnya Olahraga Bagi Tubuh_Freepik.com/jcomp)

Berikut adalah manfaat olahraha bagi tubuh.

1. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Saat kita rutin melakukan olahraga, hal ini dapat membantu pencegahan penyakin jantung dan stroke. Karena, olahraga dapat membantu memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), selain itu olahraga dapat meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.

2. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Olahraga dapat membakar kalori di dalam tubuh. Dengan membakar kalori selama olahraga, kita dapat mengatur berat badan dan mencegah penumpukan lemak yang berlebih. Pastikan Anda mengkombinasi olahraga dengan pola makan yang seimbang agar mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal.

3. Mengurangi Stres

Rasa stres yang terus menerus dapat memicu tekanan darah tinggi. Dengan berolahraga dapat meningkatkan mood serta percaya diri, sehingga bermanfaat untuk mengatasi stres.

4. Meningkatkan Stamina, Kebugaran, dan Kekuatan

Sebagian orang yang tidak terbiasa melakukan olahraga mungkin merasa lelah saat pertama kali melakukan aktivitas tersebut. Tetapi, jika Anda melakukannya dalam jangka panjang stamina akan meningkat. Oleh karena itu,lakukan olahraga rutin agar kinerja otot jantung bekerja dengan baik.

5. Memperbaiki Suasana Hati

Saat Anda merasa stress atau dalam keadaan mood yang buruk setelah menjalani hari yang penuh dengan tekanan, maka berjalan cepat selama 30 menit agar dapat membantu memperbaiki suasana hati Anda. Olahraga dapat menstimulasi suatu zat kimia pada otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai.

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Jika Anda sulit tidur pada malam hari dan sering terbangun di tengah malam, maka dengan olahraga yang teratur dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Tetapi, pastikan bahwa Anda tidak berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kebiasaan jarang bergerak atau kurang olahraga dapat menyebabkan metabolisme tubuh melambat. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk rajin berolahraga dan aktif bergerak agar metabolisme tubuh meningkat sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori. Anda juga bisa melakukan olahraga dalam bentuk lari atau permainan, seperti basket, voli, atau bulu tangkis.

8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Selain meningkatkan stamina dan kebugaran, ternyata olahraga dapat memberikan manfaat fisik bagi otak, seperti halnya meningkatkan ketebalan korteks serebral dan meningkatkan integritas materi putih. Tidak hanya itu saja, olahraga juga mendukung kesehatan neuroplastisitas, di mana kemampuan otak melakukan perubahan dan beradaptasi ketika terdapat koneksi baru pada saraf.